07 July 2022, 17:29 WIB

Soal Data Audit Sawit, Luhut: Jangan Berani Bermain Kotor


Ficky Ramadhan |

MENKO Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memperingatkan pemerintah daerah agar tidak bermain kotor terhadap audit industri kelapa sawit, yang tengah digencarkan pemerintah pusat.

Pemerintah pusat dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) diketahui melakukan audit terhadap tata kelola industri kelapa sawit dan perbaikan yang dibutuhkan.

Baca juga: Ekonom Ungkap 3 Hal yang Sebabkan Harga Sawit Masih Anjlok

"Kalau ada perkebunan yang mulai main-main, kasih pelicin, jangan terima. Saya titip ini, karena pasti ketahuan," tegas Luhut dalam rapat koordinasi audit perkebunan sawit se-Indonesia, Kamis (7/7).

Lebih lanjut, dirinya menegaskan bahwa pemerintah daerah harus bekerja sama dan membantu BPKP dalam menjalankan tata kelola audit perkebunan sawit, baik dari hulu maupun hilir.

"Jangan bicara hak saja, kewajiban juga ditanya. Data yang diminta BPKP diberikan, karena dari situ kita baru bisa mulai kerja," imbuhnya.

Baca juga: Presiden: Semoga APBN Kuat Menopang Lonjakan Subsidi Energi

Ketua Umum AKPSI Yulhaidir menyatakan dukungan terhadap pemerintah untuk melakukan audit tata kelola industri sawit. "Kami mendukung apa yang akan dilakukan BPKP untuk mengaudit. Tentunya berkoordinasi dengan pemerintah daerah," tutur Yulhaidir.

Diketahui, dalam rapat koordinasi audit perkebunan sawit se-Indonesia oleh Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit (AKPSI), juga diserahkan data untuk memperlancar audit tata kelola industri sawit.(OL-11)

BERITA TERKAIT