06 July 2022, 04:29 WIB

APJII Gelar Pelatihan K3 dan Sertifikasi MikroTik untuk Penyelenggara Internet


Mediaindonesia.com |

ASOSIASI Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyelenggarakan kegiatan Seminar K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja ), Pelatihan FTTH ( Fiber to the Home ) dan Training Sertifikasi MikroTik Certified Network Associate (MTCNA) di Jakarta, 5-8 Juli. 

Pelatihan itu merupakan bagian dari Roadshow Bidang Pelatihan dan Sertifikasi APJII Tahun 2022 dan diselenggarakan di 15 Pengurus Wilayah APJII yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Di wilayah DKI Jakarta, kegiatan pelatihan diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari anggota APJII Wilayah DKI Jakarta serta kegiatan dan peserta dari kalangan Umum/Non Anggota APJII.

"Pelatihan ini sangat penting untuk diikuti para ISP anggota APJII, utamanya dalam Penerapan K3 di Industri ISP untuk melindungi tenaga kerja dan perusahaan dari timbulnya resiko kecelakaan, " kata Firdhyan Adhi Lesmana, Ketua Bidang Pelatihan dan Sertifikasi APJII, dalam keterangan tertulisnya. 

Kegiatan yang diadakan selama empat hari di Jakarta ini dibuka oleh Ketua Pengurus Wilayah APJII DKI Jakarta Tedi Supardi Muslih. 

Tedi berharap materi pelatihan yang disampaikan dapat bermanfaat dan diterapkan dengan baik oleh para peserta ketika sedang melakukan pekerjaan. 

“Kesehatan adalah modal utama. Sangat penting untuk setiap profesional di industri ini agar memiliki pengetahuan (knowledge) K3 dan bekerja sesuai standar tersebut. Manfaatnya banyak,” kata Tedi. 

"Banyak proyek-proyek pemerintah atau swasta yang mengharuskan pekerja melampirkan sertifikat K3,” tambahnya. 

Baca juga : Delegasi Amerika dan Rusia Hadir Secara Fisik pada TIIWG G20 Kedua di Surakarta 

“Yang perlu digaris bawahi orang bekerja ingin bahagia, hal tersebut dapat terjadi jika kita sehat dan selamat dalam bekerja. TTDJ, Hati-hati di Jalan dan selamat dalam bekerja penting dalam kehidupan sehari-hari,” kata Tedi.

Ia menambahkan, kesadaran terkait keselamatan dan kesehatan kerja seyogyanya harus dimulai dari masing-masing individu.  

Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh APJII tersebut diawali dengan Seminar K3 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Hadir dalam seminar tersebut Mohamad Reza Huzain, Pakar dan Trainer K3.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pelatihan Jaringan FTTH, yang menghadirkan pemateri Bayu Hendryanto, Senior Manager Project Bizznet.

Sedangkan pelatihan MTCNA, yang merupakan program sertifikasi dari MikroTik untuk teknisi (Network Engineer) pada tingkatan entry-level, diadakan di fasilitas training center yang dikelola oleh APJII DKI Jakarta, bertempat di STC Senayan.

Untuk diketahui, APJII DKI Jakarta memiliki fasilitas training center di STC Senayan yang difungsikan untuk mendukung berbagai kegiatan seperti pelatihan dan diskusi.

Pelatihan MTCNA diharapkan dapat membantu dan memberi nilai tambah kepada Network Engineer untuk memahami dasar-dasar networking. 

“Training ini diharapkan dapat meningkatkan keahlian (skill) para profesional terkait penggunaan *MikroTik*, khususnya di kelas menengah karena pelatihan ini memberikan sertifikatnya dengan standar internasional,” kata Tedi. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT