05 July 2022, 15:34 WIB

Bea Cukai Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan Ekspor Kalajengking


Rahmatul Fajri |

TIM Penindakan Bea Cukai Soekarno-Hatta berhasil menggagalkan penyelundupan ekspor binatang hidup berupa kalajengking melalui gudang ekspor PT Pos Indonesia area kargo Bandara Soekarno-Hatta dengan tujuan Korea Selatan.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Soekarno-Hatta Zaky Firmansyah menjelaskan, kalajengking tersebut berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur dan akan dikirim ke Korea Selatan melalui jalur ekspor umum pada Jumat (1/7) kemarin.

Baca juga: PT DWB Buka Penawaran Tender Wajib Saham Restoran Lucy in the Sky

Setelah mendapatkan informasi adanya pengiriman tersebut, tim penindakan Bea Cukai Soekarno Hatta melakukan pemeriksaan dan berhasil mengungkap adanya pengiriman kalajengking.

"Kami berhasil menggagalkan penyelundupan ekspor binatang hidup berupa kalajengking seberat 5 kilogram melalui ekspor umum,” kata Zaky, melalui keterangannya, Selasa (5/7).

Setelah itu, petugas melakukan pemeriksaan lebih mendalam dan diketahui bahwa ekspor tersebut menggunakan dokumen EMS internasional dengan pemberitahuan snack atau makanan ringan. Padahal, dalam paket tersebut berisi binatang hidup kalajengking sejumlah 100 ekor dengan kondisi 82 hidup dan 18 mati.

"Dikemas dalam plastik bening dan pipa paralon tanpa dilengkapi izin instansi terkait berupa perizinan SATS-LN (CITES)," katanya.

Kalajengking tersebut telah diserahkan kepada Karantina Hewan Bandara Soekarno Hatta untuk ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku. (OL-6)

BERITA TERKAIT