04 July 2022, 16:36 WIB

IKN Nusantara akan Dilengkapi Bandara VVIP


Insi Nantika Jelita |

PEMERINTAH berencana membangun Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) VVIP di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang berada di Kalimantan Timur.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pun melakukan survei lapangan untuk pembangunan bandara pada 30 Juni-1 Juli 2022.

Direktur Survei dan Pemetaan Tematik Kementerian ATR/BPN Yuli Mardiyono menjelaskan tindak lanjut yang akan dilakukan dengan menyiapkan kegiatan Peta Tematik Pertanahan dan Ruang (PTPR).

Baca juga: Pembangunan IKN Butuh Dana Besar, LMAN: Kami Siap Dukung

“Salah satu hasil kesepakatan adalah Kanwil BPN Kalimantan Timur akan segera melakukan kegiatan PTPR di lokasi rencana pembangunan Lanud VVIP," ujarnya dalam keterangan resmi.

Terdapat dua opsi calon Bandara VVIP IKN Nusantara yang diusulkan oleh TNI Angkatan Udara dan Kementerian Perhubungan. Pada survei lapangan bersama, Kementerian ATR/BPN dan Bappenas mengunjungi dua lokasi yang ditempuh menggunakan jalur laut dan darat. 

Baca juga: Presiden: Pembangunan Dasar IKN Telah Dimulai

Namun, tak disebutkan dua lokasi tersebut. Kepala Kanwil BPN Kaltim Asnaedi menekankan bahwa dibutuhkan kecepatan dan koordinasi dalam pelaksanaan pengadaan tanah akses jalan, tol maupun nontol, sebagai infrastruktur dasar IKN Nusantara.

“Persiapan dan edukasi kepada masyarakat. Serta mitigasi dan analisis risiko menjadi poin penting dalam proses pengadaan tanah,” jelas Asnaedi.

Diketahui, tahapan pengadaan tanah akan dibantu oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, untuk menyiapkan apa yang harus dikerjakan.(OL-11)

BERITA TERKAIT