29 June 2022, 19:00 WIB

Industri Properti Dituntut Lebih Kreatif


Gana Buana |

RAPAT Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Agung Podomoro Land Tbk menyetujui seluruh usulan keputusan yang disampaikan kepada pemegang saham termasuk laporan keuangan tahun buku 2021 sekaligus pengunaan dana atas laba (rugi) tahun berjalan tahun buku 2021. Pemegang saham juga memberikan apresiasi tinggi terhadap berbagai inisiatif dan langkah strategis yang dilakukan oleh manajemen APLN dalam menghadapi pandemi covid-19 yang masih berlangsung sepanjang tahun 2021.

Komisaris Utama/Komisaris Independen APLN Sofian Effendi menyatakan, tantangan dan tekanan bisnis yang luar biasa yang terjadi sepanjang tahun 2021 mampu dilalui dengan berbagai inisiatif dan inovasi oleh APLN. Hal ini membuktikan bahwa Perseroan, memiliki banyak cara agar tetap produktif, sehingga dapat menjadi bagian penting dari upaya percepatan pemulihan ekonomi akibat pandemi.

“Keberhasilan APLN membangun proyek properti baru dan mengembangkan proyek-proyek properti eksisting di berbagai kota selama pandemi telah ikut menggerakkan perekonomian secara nasional, termasuk di daerah. Dengan fundamental yang lebih baik dan pandemi yang semakin terkontrol, Perseroan menatap masa depan dengan penuh optimisme,” jelas Sofian dalam RUPST yang digelar di Multi Purpose Hall SOHO Podomoro City Jakarta, Senin (27/6).

Baca juga: Ketahui Kesalahan Pembeli Properti Pemula, Yuk Antisipasi!

Pada 2021 APLN berhasil mencatatkan penjualan dan pendapatan usaha sebesar Rp4,26 triliun. Perseroan juga mencatatkan perolehan laba kotor sebesar Rp1,43 triliun dengan margin laba kotor 33,6%. 

Penjualan properti yang tumbuh positif menjadi sumber utama pendapatan Perseroan di tahun lalu. Sementara bisnis perhotelan dan pusat perbelanjaan mulai bangkit ditengah tantangan pandemi covid-19 yang berlangsung sepanjang tahun.

RUPST APLN juga menyetujui tiga agenda lainnya, yaitu penunjukan akuntan publik untuk mengaudit laporan keuangan konsolidasian Perseroan dan entitas anak untuk tahun buku 2022, penetapan paket remunerasi anggota dewan komisaris dan direksi perseroan untuk tahun buku 2022 serta menyetujui penyesuaian pasal 3 anggaran dasar Perseroan dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2020.

“Terima kasih kepada seluruh manajemen APLN yang tetap solid dan berani melakukan berbagai terobosan dalam situasi yang sangat menantang dan dinamis ini. Tren pemulihan ekonomi yang positif pada tahun 2022 menjadi kesempatan bagi APLN untuk meraih kinerja yang lebih baik,” tambah Sofyan.

Sejumlah proyek properti yang kini terus dikembangkan dan dipercepat proses pembangunan oleh APLN diantaranya adalah Podomoro City Deli Medan, Podomoro Park Bandung, Bukit Podomoro Jakarta, Podomoro Golf View Cimanggis dan Kota Podomoro Tenjo Bogor. (R-3)

BERITA TERKAIT