29 June 2022, 21:03 WIB

Ekonomi Vietnam Kuartal II Tumbuh Tercepat selama 11 Tahun


Mediaindonesia.com |

EKONOMI Vietnam tumbuh pada kuartal kedua dengan laju tercepat dalam 11 tahun. Ini berkat lonjakan besar dalam ekspor dan pencabutan pembatasan covid-19.

Pertumbuhan di negara komunis itu tersendat sekitar 3% selama dua tahun berturut-turut karena pandemi menutup sebagian besar dunia dan pihak berwenang memberlakukan penguncian yang ketat. Namun pada Rabu (29/6), Kantor Statistik Umum (General Statistics Office/GSO) mengatakan produk domestik bruto tumbuh 7,72% secara tahunan di April-Juni. 

Itu merupakan kinerja terbaiknya sejak 2011. Omzet dari ekspor naik 21% menjadi US$96,80 miliar pada periode tersebut.

Pertumbuhan ekonomi untuk paruh pertama tahun ini sekitar 6,42%, kata GSO, mundur dari 7% yang dinikmati sebelum pandemi pada 2019. Awal bulan ini Bank Dunia mengatakan pemulihan ekonomi Vietnam tetap kuat meskipun ada ketidakpastian yang disebabkan oleh perang di Ukraina, penguncian di Tiogkok, dan inflasi.

Itu mendesak pihak berwenang untuk waspada tentang risiko inflasi yang terkait dengan kenaikan harga bahan bakar dan impor. Ini memperingatkan mereka agar mengurangi pemulihan permintaan domestik.

Baca juga: Raksasa Energi Prancis Desak Gerakan Pengurangan Konsumsi Nasional

Indeks harga konsumen Vietnam naik 2,96% pada kuartal kedua, kata GSO. "Biaya hidup jauh lebih tinggi karena harga minyak yang lebih tinggi," kata Nguyen Thi Huyen, seorang pekerja kantoran di Hanoi, mengatakan kepada AFP.

"Sayang sekali saya harus mengeluarkan uang hingga 10% lebih banyak untuk keluarga saya tanpa ada perubahan pendapatan. Jika situasi ini terus berlanjut, hidup kami akan sangat sulit."

Vietnam dibuka kembali ke dunia pada pertengahan Maret setelah hampir dua tahun ditutup. Pihak berwenang di negara komunis satu partai itu menargetkan pertumbuhan PDB akhir tahun hingga 6,5‚Äč%. (OL-14)

BERITA TERKAIT