28 June 2022, 08:15 WIB

Ini Solusi Meningkatnya Kebutuhan Rantai Pendingin


mediaindonesia.com |

KEBUTUHAN rantai pendingin, akhir akhir ini, mengalami peningkatan. Selain karena gaya hidup, kepercayaan masyarakat pada makanan yang dibekukan semakin tinggi. Untuk menangkap peluang tersebut, PT DS Solutions International cemat dan bergerak cepat melakukan soft opening portable cold storage yang sudah diinstalasi kemudian akan dikelola oleh PT Perusahaan Perdagangan Indonesia melalui anak perusahaannya yaitu PT BGR Logistik Indonesia (BGRLI). Kegiatan tersebut dilakukan di komplek pergudangan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (27/6).

"Kami melihat adanya kebutuhan yang besar pada mata rantai pendingin, itu sebabnya kami melakukan dengan berbagai pihak untuk menjawab tantangan dan peluang tersebut," terang Herlin Herlianika dan Kelvin, perwakilan PT DS Solution International, 

Acara tersebut dihadiri oleh Artati Widiarti, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (KKP); Andry Tanudjaja, Direktur Komersial & Pengembangan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia; Budi Susanto, Direktur Utama PT BGR Logistik Indonesia; Syailendra, Direktur Komersial & Operasi PT BGR Logistik Indonesia, Energy, Direktur Keuangan, Layland Barker, Managing Director Titan Containers A/S ,SDM & Business Support PT. BGR Logistik Indonesia, Direksi maupun perwakilannya dari ID Food Group, mitra strategis dari PT. DS Solutions International dan PT. BGR Logistik Indonesia.

Baca juga: Jaga Kualitas Ikan, Cold Storage 300 Ton Dibangun di Karangsong

Sebenarnya, PT DS Solutions International sudah ada sejak 2010 sebagai sole distributor dari TITAN CONTAINERS pertama di Indonesia. Kali ini pihaknya  memperkuat kerja sama dengan PT BGR Logistik Indonesia untuk menjangkau pasar dan konsumen yang lebih luas khususnya pada sektor penyimpanan berpendingin. 

Tujuan ekspansi kerja sama sebagai kontribusi untuk perkembangan usaha lokal mikro maupun makro, serta untuk sarana dan strategi pemasaran agar dapat menyumbang solusi bagi permasalahan pemilik usaha dengan kebutuhan ruang penyimpanan berpendingin di Indonesia. 

PT DS Solutions International menjelaskan, ke depannya, akan terus mendukung perkembangan usaha lokal mikro maupun makro melalui PT Titan Containers Indonesia yang merupakan bentuk kerja sama antara PT DS Solutions International dan Titan Containers dari Denmark dalam bentuk ekspansi lainnya bersama PT. BGR Logistik Indonesia.

"Melihat perkebangan dan kebutuhan tentu kerja sama ini sangat memberikan manfaat bagi masyarakat. Serba cepat tapi harus segar dan sehat. Itu yang dibutuhkan masarakat kita saat ini," kata Direktur  PT PPI Budi Susanto seraya menyampaikan bahwa PT BGR Logistik Indonesia menyambut baik acara yang digelar PT DS Solutions International.

"Dengan selesainya seluruh tahapan instalasi ini maka kami akan dapat segera mengelola dan memasarkan fasilitas portable cold storage ini untuk mendukung mitra bisnis kami yang membutuhkan penyimpanan berpendingain untuk produk-produk mereka baik pangan maupun non pangan," tambah Budi Susanto.

Fasilitas portable cold storage ini terletak di komplek pergudangan yang di Kelapa Gading dengan luasan sekitar 5.000 meter. Ada 16 Unit Portable Cold Storage yang dibagi menjadi 3 Chamber besar dengan suhu yang dapat mencapai -40°C yang masing-masing telah dilengkapi dengan Anteroom. 

Fasilitas Portable Cold Storage ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam sertifikasi international dan dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan seperti industri perikanan, pertanian, farmasi dan lainnya.

"Langkah ini semakin memperkuat kami dalam berkontribusi bersama keluarga besar ID Food lalinnya dalam upaya mendukung Pemerintah dalam mewujudkan Ketahanan Pangan di Indonesia. Selain itu juga ini sebagai salahsatu upaya kami dalam terus memberikan solusi logistik terbaik di Indonesia," tegas Budi.

Sementara itu, Artati Widiarti, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (KKP), pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan PT DS.Solution Indonesia.

"Kami menunggu langkah PT DS.Solution Indonesia bekerjasama dengan pihak swasta lainnya," pintanya. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT