25 June 2022, 11:31 WIB

Inkoppas Apresiasi Sikap Mendag


Abdillah M Marzuqj |

PEDAGANG pasar yang tergabung dalam Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas) berdemonstrasi di depan Kantor Kementerian Perdagangan beberapa hari lalu. Mereka menuntut agar ada upaya stabilisasi harga oleh pemerintah.

Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Inkoppas Andrian Lame Muhar membenarkan hal tersebut. Menurutnya, massa demo berasal dari Pusat Koperasi Pasar (Puskoppas) DKI Jakarta.

"Tadinya mau puskoppas seluruh Indonesia, tapi karena Inkoppas juga ada acara di Kemenko Perekonomian jadi yang turun dalam demo adalah Puskoppas DKI dan sudah dapat restu dari InKoppas," ujar Andrian.

Andrian menjelaskan aksi damai itu direspons baik. 300 anggota Puskoppas DKI diundang untuk audiensi oleh Kemendag. Inkoppas meminta pemerintah menstabilkan harga sembako yang sedang naik tajam. 

Pedagang pasar mengalami kesulitan menjual barang- barang sembako karena harga terlalu tinggi. Hal itu berdampak pada penurunan omzet pedagang. "Intinya Kemendag berjanji dalam 2 minggu harga akan turun, jika tidak silakan demo kembali," tandasnya.

Inkoppas berharap Kemendag serius dalam upaya menurunkan harga minyak goreng dan bahan pokok lainnya dalam waktu dua minggu ke depan.

"Inkoppas dan puskoppas memberikan ultimatum kepada Kemendag dan kami berharap dalam waktu dua minggu ini harus ada audiensi dan harus ada langkah- langkah yang kongkret dari Kementerian Perdagangan," tegas Andrian.

Andrian berharap Mendag Zulhas bisa membawa angin segar dalam upaya stabilisasi harga sembako di pasaran.

"Semoga mendag yang baru ini bisa membawa angin segar buat harga- harga sembako dapat lebih terjangkau," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT