23 June 2022, 20:59 WIB

Sri Mulyani Optimistis Ekonomi Triwulan II Tumbuh 5,3%


M. Ilham Ramadhan Avisena |

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis perekonomian triwulan II akan tumbuh di kisaran 4,8% hingga 5,3%. Hal itu didasari oleh kinerja berbagai indikator ekonomi nasional yang cenderung mengalami penguatan.

"Dengan aktivitas yang sangat kuat, kita lebih optimis bahwa pertumbuhan ekonomi di triwulan II akan di sekitar 4,8% hingga 5,3%. Kita memperkirakan mungkin mendekati 5% dari pada lower bound-nya," ujarnya dalam konferensi pers, Kamis (23/6).

Faktor utama penyokong pertumbuhan ekonomi triwulan II menurut Sri Mulyani ialah aktivitas konsumsi rumah tangga dan produksi yang meningkat. Sebab, pada triwulan II terdapat momentum Hari Raya Idulfitri dan libur panjang yang umumnya mengerek konsumsi rumah tangga.

Baca juga : Menkeu: Ekonomi Pulih, Utang Bisa Ditekan

Penguatan juga masih berlangsung hingga Juni 2022. Hal ini kata Sri Mulyani, ditandai dengan pertumbuhan belanja pemerintah yang melandai ketimbang konsumsi rumah tangga.

Indikator lain yang dinilai akan menjadi penopang perekonomian di triwulan II ialah investasi dan kinerja ekspor nasional. Dua faktor ini masih mencatatkan kinerja positif mengiringi laju pemulihan perekonomian.

"Konsumsi meningkat, produksi meningkat, investasi tumbuh tinggi, dan eskpor tumbuh tinggi. Ini menggembirakan karena pertumbuhan ekonomi sekarang tidak tergantung dari APBN," tutur Sri Mulyani. (OL-7)

BERITA TERKAIT