23 June 2022, 18:33 WIB

Carsome Academy Siap Cetak Lulusan untuk Sektor Otomotif


mediaindonesia.com | Ekonomi

PADA Kamis (23/6), portal e-commerce mobil Carsome secara resmi membuka lembaga pelatihan bersertifikat dan berorientasi industri di Indonesia, Carsome Academy.

Kurikulum pelatihan ini menggabungkan pelatihan pendidikan serta keterampilan teknis dengan menerapkan rasio 70:30 dari pelatihan industri dan praktik teori secara hybrid dari pengajar bersertifikat dan berstandar internasional.

Tidak hanya itu, Carsome Academy juga memberikan jaminan kerja bagi pemegang sertifikat di seluruh operasi Carsome di Indonesia.

Kehadiran Carsome Academy di Indonesia diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam menjawab isu ketenagakerjaan, mengingat tingginya kemampuan daya serap lapangan kerja sektor otomotif di Indonesia.

Menurut Survei Ketenagakerjaan Nasional (Sakernas) 2020, pedagang eceran dan reparasi kendaraan adalah sektor penyedia lapangan kerja tertinggi kedua di Indonesia, dengan kontribusi hampir 20% dari keseluruhan sektor.

Baca juga: Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Dukung Kaum Muda Kompeten di Era Digital

Kepala Seksi Perizinan Lembaga, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Moh. Saeful Hasan, ST. MT., menyampaikan bahwa dua tahun terakhir sektor ketenagakerjaan terdampak pada pandemi covid-19 yang sangat signifikan terhadap capaian sasaran nasional, termasuk untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja.

Kemenaker juga menetapkan sembilan strategi lompatan untuk menjawab berbagai tantangan pada sektor ketenagakerjaan, di antaranya melalui pengembangan talenta muda .

“Pemberian program upskilling dan reskilling bagi generasi muda calon tenaga kerja, khususnya tingkat umum atau vokasi, merupakan salah satu strategi utama untuk memberdayakan mereka guna menyukseskan implementasi industri 4.0<" katanya 

"Oleh karena itu, kami menyambut baik hadirnya Carsome Academy yang telah mendukung agenda nasional dalam menyiapkan tenaga siap kerja melalui Diklat Kejuruan Teknis (TVET), khususnya di bidang inspeksi kendaraan,” jelas Moh. Saeful Hasan.

Co-Founder Carsome dan CEO Carsome Academy, Jiun Ee Teoh, mengatakan, “Carsome, sebagai platform e-commerce mobil bekas terintegrasi terbesar di Asia Tenggara, berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan industri mobil bekas di kawasan tempat kami beroperasi, termasuk Indonesia."

"Sehingga dapat mendorong ekonomi nasional. Komitmen ini salah satunya kami wujudkan melalui Carsome Academy, dengan menciptakan tenaga kerja tersertifikasi serta terampil didukung tenaga ahli dengan pengalaman di tingkat regional dan global yang kami miliki," jelas Jiun Ee Teoh.

Carsome Academy akan memberikan pelatihan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat berusia 18 tahun ke atas untuk menjadi inspektur kendaraan andal yang memiliki keterampilan bertaraf internasional untuk siap bersaing.

Lulusan Carsome Academy akan dibekali dengan pendidikan teknis selama tiga bulan melalui modul yang diberikan secara hybrid, serta enam bulan pelatihan praktik di Carsome.

“Kehadiran Carsome Academy di Indonesia merupakan bagian dari strategi jangka panjang Carsome untuk menciptakan ekosistem kepemilikan mobil terintegrasi di Indonesia," kata ujar Andrew Mawikere, CEO Carsome Indonesia.

"Kami juga mendukung terbentuknya tenaga kerja berketerampilan tinggi yang kompetitif untuk membentuk tenaga kerja yang siap pakai di industri guna mendorong kemajuan sektor otomotif Tanah Air," jelasnya. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT