23 June 2022, 15:46 WIB

Mendag: Minyak Goreng Curah akan Masuk Ritel dan Supermarket


Roni Halim (MGN), Muhardi (SB)  | Ekonomi

MENTERI Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan minyak goreng curah akan masuk ke ritel dan supermarket. Namun, minyak goreng curah yang masuk ke ritel dan supermarket sudah dikemas terlebih dahulu menggunakan kemasan sederhana.

"Nanti masyarakat, ibu-ibu kalau belanja ke supermarket ada minyak goreng yang harganya Rp14 ribu per liter. Kemasannya bagus, nanti secara bertahap bisa ditemukan di supermarket-supermarket," ujar Zulkifli Hasan di Pasar Kosambi, Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: Pengusaha Keberatan dengan Wacana Cuti Melahirkan 6 Bulan

Penyaluran minyak goreng curah yang sudah dikemas ke supermarket akan dilakukan bertahap. Pengemasan dilakukan agar minyak goreng curah tidak mudah bocor dan rusak.

"Dengan merek Minyak Kita yang akan dikeluarkan Kementerian Perdagangan," katanya.

Zulhas menuturkan harga minyak goreng curah dalam dua pekan terakhir stabil dan aman. Bahkan di Pasar Kosambi Kota Bandung stok minyak goreng curah melimpah dan terpantau di kisaran Rp15 ribu per liter.

Ia melanjutkan, pihaknya memiliki pos pelayanan yang akan memberi tahu kepada masyarakat tentang lokasi penjual minyak goreng curah dengan harga Rp14 ribu per liter. Ia pun mengatakan akan menginformasikan seluruh tempat di Jawa dan Bali yang menjual minyak goreng curah.

"Kita akan sampaikan kerja sama dengan media, kita akan memberitahu alamat di mana dan memantau ketersedian minyak goreng di seluruh Indonesia," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli Hasan yang didampingi Politikus PAN Desy Ratnasari juga kembali menegaskan komitmennya untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok, khususnya minyak goreng curah dalam waktu dua minggu, dari target semula yakni satu bulan.

Baca juga: Green Bond Efektif, Ini Sektor Sasaran BNI

"Saudara-saudara, saya saya janji target sebulan, tapi saya yakin dua minggu, harga minyak goreng curah Rp14 ribu stabil, aman, di mana-mana, dua minggu begitu," tuturnya.

Saat memantau harga kebutuhan pokok di pasar tersebut, Zulkifli Hasan juga membeli cabai rawit dan cabai keriting merah. Ia juga mengecek kios-kios pedagang di pasar tersebut mulai dari kios yang menjual, beras, daging hingga sayuran. (Mhd/A-3)

BERITA TERKAIT