22 June 2022, 23:01 WIB

Gelar MMBC 2022, Petrokimia Gresik Komitmen Dorong Kebangkitan UMKM


Andhika Prasetyo |

PETROKIMIA Gresik berkomitmen mendorong kebangkitan UMKM pascapandemi covid-19. Komitmen tersebut dituangkan dalam program Mitra Kebanggaan Madu/Muda Business Competition (MMBC) 2022.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengungkapkan, sebagai pilar perekonomian, UMKM harus diberikan perhatian maksimal oleh seluruh pemangku kepentingan.

“Oleh karena itu, sebagai bagian dari Pupuk Indonesia dan BUMN yang merupakan lokomotif pembangunan bangsa, program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Petrokimia Gresik salah satunya berfokus pada pendanaan dan pendampingan UMKM, termasuk program MMBC ini,” ujar Dwi Satriyo melalui keterangan resmi, Rabu (22/6).

MMBC yang diselenggarakan kali pertama dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Petrokimia Gresik itu menyasar dua segmen peserta. Pertama, Mitra Kebanggaan (Mangga) Muda yang diperuntukkan bagi mahasiswa aktif. Kedua, Mangga Madu bagi istri karyawan Petrokimia Gresik.

Melalui program Mangga Muda, perseroan ingin mendorong generasi milenial dan Z untuk meningkatkan jiwa entrepreneur.

"Kita siap memberi akses permodalaan dan pembinaan karena kira tahu berwirausaha di usia muda membutuhkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang cukup. Melalui kegiatan ini, selain dapat menambah pengalaman diharapkan dapat memperluas networking para peserta untuk meningkatkan kinerja usahanya,” tutur Dwi.

Adapun, dalam program Mangga Madu, Petrokimia Gresik ingin mengoptimalkan potensi perempuan untuk menjadi wirausaha.

Baca juga : Program Kartu Prakerja Diapresiasi Dunia Internasional

“Ini juga menjadi persiapan dini untuk bekal saat pensiun nanti, terutama bagi para istri yang memiliki usaha sendiri. Dengan begitu, mereka dapat meningkatkan peran sebagai pilar ekonomi keluarga,” tandasnya.

Saat ini, MMBC 2022 telah memasuki penjurian final.

Wakil Rektor Universitas Ciputra Christina Whidya Utami yang merupakan salah satu dewan juri mengatakan seorang entrepreneur itu bisa diedukasi, dan MMBC merupakan salah satu instrumen untuk mencetak entrepreneur yang inovatif.

“Saya mengapresiasi inovasi para finalis yang berupaya menjadikan bisnis mereka sustainable. Semoga menginspirasi,” ujar Christina.

Pemenang kompetisi nantinya akan mendapatkan hadiah total Rp75 juta dan pendanaan usaha total senilai Rp3 miliar.

Para juara akan diumumkan pada 2 Juli 2022 dalam acara Mangga Hybrid Expo dan selanjutnya mengikuti Inkubasi UMKM untuk menjadi Petrokimia Gresik School of Business and Management. (OL-7)

BERITA TERKAIT