21 June 2022, 20:21 WIB

Sandiaga Targetkan 1,5 Juta Wisman Berkualitas Berwisata di Bali


Insi Nantika Jelita |

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan 1,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) berkualitas dengan tingkat pengeluaran tinggi berwisata di Bali.

"Bali masih menjadi top of mind wisman, dengan era digital marketing dan sebagainya maka perlu inovasi pada pola-pola kita berpromosi," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (21/6).

Sandiaga menjelaskan, ada beberapa pendekatan untuk mencapai target tersebut, yaitu dengan menggelar berbagai event berkelas internasional, baik di bidang pariwisata, olahraga atau MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

“Target wisman kita 1,5 juta, sedangkan wisatawan nusantara 7 juta, total hampir 9 juta orang. Berharap menyasar kepada wisatawan yang berkualitas dengan dengan pengeluaran lebih banyak," kata dia.

Menparekraf mengatakan, event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali juga diharapkan akan menambah lama tinggal bagi delegasi dan bisa berdampak bagi para pelaku UMKM yang menerima manfaat langsung.

Kemenparkeraf mengoordinasikan sekitar 400 UMKM di 40 hotel selama perhelatan KTT G20.

“Event ini membuka peluang usaha yang luas, seperti Asian Venture Philanthropy Network (AVPN), meski harga tiket mahal, namun lantaran eventnya menarik wisatawan banyak yang datang," klaimnya.

Inovasi promosi untuk menarik wisman dianggap Sandiaga diperlukan di tengah ancaman krisis pangan dan krisis energi di tengah masyarakat akibat disrupsi global.

"Langkah kita untuk menyelaraskan di tengah menurunnya anggaran berpromosi, harus lebih menggunakan semangat kewirausahaan untuk Bali agar mendapatkan target wisatawan 1,5 juta," pungkasnya. (E-3)

BERITA TERKAIT