24 May 2022, 17:48 WIB

Presiden: Jangan Pakai APBN, APBD untuk Beli Barang Impor


Andhika Prasetyo |

PRESIDEN Joko Widodo untuk kesekian kalinya menekankan kepada seluruh menteri, kepala daerah dan pimpinan BUMN untuk tidak menggunakan anggaran untuk membeli produk-produk impor.

APBN, APBD dan anggaran perusahaan pelat merah harus dimanfaatkan untuk pengadaan barang dan jasa yang berasal dari dalam negeri.

"Ini uang rakyat. APBN, APBD, dan anggaran BUMN ini uang rakyat jadi jangan kita belikan barang-barang impor. Keliru besar sekali kalau kita melakukan itu,"tegas Jokowi di Jakarta, Selasa (24/5).

Baca juga: Presiden: Menahan Harga BBM itu Berat

Jokowi beralasan, langkah tersebut harus dilakukan agar uang dalam jumlah besar itu tetap berputar di dalam negeri dan dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat. Selain itu, dengan kebijakan itu, negara akan memiliki pemasukan yang lebih besar guna menutup berbagai kebutuhan termasuk subsidi bahan bakar minyak (BBM).

"APBN, APBD, anggaran di BUMN itu harus kita pegang erat agar pemanfaatnnya fokus ke titik yang kita tuju karena uangnya besar sekali. APBN kita Rp2.714 triliun, APBD Rp1.197 triliun, ditambah BUMN. Ini besar sekali," ucap mantan wali kota Solo itu.(OL-4)

BERITA TERKAIT