23 May 2022, 17:24 WIB

Bertemu Menlu Serbia, Jokowi Bahas Peningkatan Kerja Sama Ekonomi


Andhika Prasetyo |

PRESIDEN Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Serbia Nikola Selakovic bersama delegasi terbatas di Istana Merdeka.

Kehadiran wakil pemerintah salah satu negara Balkan itu bertujuan meningkatkan hubungan kerja sama ekonomi antara kedua belah pihak.

"Serbia mengatakan bahwa Indonesia salah satu mitra yang paling disegani dan dihormati Serbia. Komitmen Serbia untuk terus meningkatkan hubungan dengan Indonesia," ujar Menlu RI Retno Marsudi, yang turut mendampingi Presiden, Senin (23/5).

Baca juga: Bertemu Menlu G7, Menlu Retno Bahas Isu Pangan Hingga G20

Salah satu bentuk kerja sama yang dibahas adalah komitmen Serbia untuk mengekspor gandum ke Indonesia dalam jumlah lebih besar. Menlu Serbia pun akan bertemu pengusaha atau BUMN, guna membahas kerja sama lebih lanjut.

"Detailnya akan dibahas pada sore hari ini," ungkap Menlu Retno.

Selain gandum, Presiden Jokowi dan Menlu Serbia juga membahas ekspor minyak sawit mentah (CPO) dari Indonesia ke Serbia, yang mengalami peningkatan. Menurut Retno, secara persentase, saat ini impor CPO Serbia dari Indonesia sudah mencapai 30%.

Baca juga: Nilai Perdagangan RI-Kanada Naik 32,5%, Mendag: Kerja Sama Diperkuat

"Jadi 30% CPO yang diimpor Serbia berasal dari Indonesia," jelasnya.

Lalu, Jokowi dan Nikola juga membahas keinginan Serbia untuk dapat mengambil tenaga kerja semi-skilled dari Indonesia. Dalam hal ini, untuk mengisi beberapa bidang pekerjaan, seperti konstruksi, makanan dan minuman, hingga hotelier.

"Sekali lagi, gandum, CPO dan kerja sama dalam rangka penempatan tenaga kerja Indonesia di Serbia," tutupnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT