19 May 2022, 13:15 WIB

Sinar Mas Land Gaet Palari Group Kembangkan Realestat di AS


Mediaindonesia.com |

SINARMAS Land Limited yang terdaftar di Bursa Efek Singapura melakukan ekspansi ke Amerika Serikat melalui perjanjian usaha patungan atau joint venture agreement bersama Palari Group dalam mengembangkan komunitas hunian cerdas yang berkelanjutan dan berbasis teknologi di California. Perjanjian usaha patungan tersebut diresmikan melalui penandatanganan kemitraan strategis yang dilakukan Michael Widjaja (Group CEO Sinar Mas Land) dan Basil Starr (CEO Palari) pada 29 April 2022. 

Kedua perusahaan tersebut bekerja sama untuk mengembangkan proyek hunian yang berkelanjutan serta mengakselerasi pengembangan yang telah didirikan oleh Palari sejak 2014, termasuk 3D-Printed Zero Net Energy Community pertama dunia di Greater Palm Springs, California. Untuk kepemilikan, Sinar Mas Land mengakuisisi sebesar 40% saham dari pengembangan proyek tersebut. Sinar Mas Land akan membawa pengalaman mengembangkan kota mandiri BSD City dan sebagai pelopor dalam pengembangan klaster perumahan ke sejumlah proyek Palari di Amerika Serikat.

Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja menjelaskan pihaknya fokus memberikan solusi inovatif dan berkelanjutan dalam pengembangannya. "Kami terus mencari mitra yang selaras untuk merealisasikan upaya ini. Kemitraan dengan Palari membuka peluang bagi Sinar Mas Land untuk memperluas jejak internasional kami dalam membangun kota cerdas yang berkelanjutan dan bebas karbon ke pasar perumahan terbesar di Amerika Serikat."

Pada kesempatan yang sama, CEO Palari, Basil Starr, menambahkan pihaknya sangat senang mengumumkan kemitraan strategis dengan Sinar Mas Land. Pengalaman mereka yang sukses dan sarat dengan rekam pengembangan kota yang pintar, berkelanjutan, dan terjangkau sangat sesuai dengan visi Palari untuk menjadi pengembang terkemuka di Amerika Serikat bagi komunitas yang berfokus pada teknologi berkelanjutan.

Baca juga: ITC Bersama Apkasindo Bantu Warga dengan Minyak Goreng Murah

Perumahan di Amerika Serikat saat ini mengalami defisit. Ini sebagian besar disebabkan oleh konstruksi tradisional tidak berkembang selama berabad-abad, sehingga sektor tersebut tidak dapat diprediksi, lambat, dan mahal. Selain itu, kekurangan tenaga kerja dan harga bahan meningkat dengan cepat yang belum pernah terjadi. Walau dunia semakin peduli dengan pemberdayaan energi, proses konstruksi bangunan masih menyumbang hampir 40% emisi karbon dan konstruksi tradisional sangat boros hingga 30% bahan yang terbuang sia-sia.

Dalam kerja sama itu, kedua belah pihak berkomitmen menghadirkan teknologi pembangunan modular yang akan mempercepat konstruksi dan mengurangi emisi karbon saat proses pembangunan. Kolaborasi antara Palari dan Sinar Mas Land Group akan mengatasi kekurangan perumahan dengan cara mengembangkan rumah modern, berkelanjutan, dan terjangkau di berbagai pasar yang sedang berkembang dimulai dari California. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT