18 May 2022, 13:40 WIB

Pandemi Mereda, GMT Institute Gelar Lagi Pelatihan Manajemen Properti


Selamat Saragih |

PEMERINTAH menyatakan, Indonesia sudah tidak lagi berada pada fase kedaruratan pandemi Covid-19. Kini mulai bertransisi menjadi endemi di mana aktivitas perkantoran, pusat perbelanjaan dan sekolah mulai berangsur normal.

Namun demikian, setelah dua tahun terakhir banyak gedung nyaris tidak beroperasi karena pembatasan kegiatan masyarakat melalui Work From Home (WFH) dan sekolah dalam jaringan (daring) menyebabkan perawatan properti menjadi tidak maksimal.

"Pada masa transisi seperti ini para property manager harus mulai bersiap untuk merawat dan pemperhatikan kembali gedung-gedung yang mereka kelola seperti gedung perkantoran, sekolah dan pusat perbelanjaan atau mall," ujar Project Coordinator GMT Institute, Tifanny Meilianti, di Jl Kendal, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/5).

Tifanny menambahkan, guna mengatasi persoalan itu, pihaknya mengajak stakeholder terkait untuk memahami bagaimana cara merawat gedung atau properti lainnya melalui kegiatan building management.

"GMT Institute sebagai wadah training property management yang sudah meluluskan lebih dari 4.000 alumni, pada setiap bulan selama tahun 2022 ini melaksanakan pelatihan properti, khususnya Building Management," kata Tifanny.

Menurut dia, sejumlah materi yang disiapkan pihaknya antara lain terkait building management seperti Mechanical, Electrical & Plumbing, Fire Safety, Security, Housekeeping & Hospitality, Pest & Rodent Control, Parking dan Managamen soal regulasi berkaitan dengan building maintenance dan management.

Pihaknya memastikan bahwa kebutuhan property manager akan diwujudkan melalui program Property Management Course – Basic yang mempelajari ilmu dasar dalam bidang properti mencakup segala jenis fungsi bangunan.

"Wadah pembelajaran tentang building management juga sangat menguntungkan untuk perusahaan-perusahaan agar mereka memiliki Building Manager yang kompeten di bidang properti," lanjutnya.

Tifanny menjelaskan, pelatihan tersebut dapat diikuti para building manager serta fresh graduate yang ingin memperdalam ilmu pada bidang pengelolaan gedung, atau para professional yang baru terjun dalam bidang itu.

Karena itu, ujar Tifanny, salah satu tugas terpenting property manager yaitu harus memastikan area gedung perkantoran dan sekolah terawat dengan baik dan bisa digunakan pengguna gedung dengan aman dan nyaman.

"Semua kegiatan pelatihan kami update di www.gmtinstitute.com dan Instagram @GMTInstituteofficial. Untuk memastikan jadwal pelatihan, peserta kami sarankan menghubungi official WhatsApp resmi kami di 081322505351," jelasnya.

Selain itu, lanjut Tifanny, pihaknya juga menerbitkan handbook property manager yaitu buku panduan untuk para pengelola gedung agar dapat meningkatkan standar operasional pengelolaan gedung.

"Handbook property manager berisi standar operasional pengelolaan gedung serta mencakup seluruh kegiatan dan pengetahuan tentang pengelolaan," katanya. (OL-13)

BERITA TERKAIT