16 May 2022, 23:11 WIB

Menhub : Industri Penerbangan Sudah Pulih Signifikan


Andhika Prasetyo |

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut industri penerbangan Tanah Air sudah menunjukkan pemulihan signifikan setelah dua tahun terdampak pandemi covid-19.

Perbaikan itu ditandai dengan jumlah pergerakan pesawat terbang di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang telah mencapai 1.070 kali per hari. Angka itu sudah mendekati pencapaian sebelum pandemi yang berkisar 1.200 pergerakan per hari.

"Indonesia, menurut hemat saya, adalah satu negara yang terlihat sekali proses recovery-nya. Tadinya di Soetta hanya tersisa 20% pergerakan akibat pandemi, sekarang sudah 95%," ujar Budi Karya Sumadi di Singapura, Senin (16/5).

Hasil baik itu, sambung dia, juga berasal dari upaya yang jauh lebih efektif. Pasalnya, saat ini, total pesawat terbang yang beroperasi hanya sebanyak 350 unit. Dulu, sebelum pandemi, jumlah burung besi yang mengudara mencapai 550 unit.

Baca juga : PTPN VII Optimistis Capai Target Produksi 112 Ribu Ton Gula

"Ini berkat strategi Dirjen Perhubungan Udara yang mendisiplinkan pergerakan pesawat sehingga lebih maksimal. Satu pesawat yang dulunya hanya melakukan empat atau lima kali lepas landas, ditingkatkan menjadi tujuh atau delapan kali sehingga efisiensi terjadi," jelasnya.

Hal itulah yang akan disampaikan Budi Karya kepada para pemangku kepentingan industri penerbangan dunia di Changi Aviation Summit di Singapura, Selasa (17/5).

"Ini capaian yang perlu kita sampaikan ke internasional bahwa market Indonesia menjanjikan," tandasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT