16 May 2022, 17:28 WIB

Jerman bakal Setop Impor Minyak dari Rusia


Insi Nantika Jelita |

JERMAN berencana menghentikan impor minyak Rusia pada akhir tahun ini, bahkan jika Uni Eropa gagal menyepakati penerapan sanksi larangan minyak Rusia, kata pejabat pemerintah Jerman. Upaya penyetopan impor itu tengah dibahas oleh pemerintah Jerman. 

Mereka yakin dapat menyelesaikan masalah logistik yang tersisa dalam enam hingga tujuh bulan ke depan, menurut para pejabat setempat dilansir Bloomberg, Senin (16/5). Para menteri luar negeri Uni Eropa di Brussel pada hari ini tengah membahas putaran sanksi ke Rusia atas invasinya ke Ukraina. 

Namun, para diplomat Uni Eropa melayangkan penundaan larangan impor minyak. Soalnya, Hongaria keberatan atas langkah itu yang akan terlalu merusak ekonominya.

Kanselir Jerman Olaf Scholz bertekad mengaku terus melanjutkan rencana pelarangan impor minyak sebagai bagian dari hukuman Eropa terhadap Rusia. Konsumsi minyak mentah Jerman dari Rusia dilaporkan menurun menjadi 12% dari sekitar 35% sebelum perang di Ukraina, menurut Kementerian Ekonomi di Berlin.

Baca juga: AirAsia Resmi Kembali Terbangkan Rute Bali-Perth

Tantangan yang tersisa termasuk mendapatkan minyak alternatif yang cukup untuk kilang utama Jerman timur yang sangat bergantung pada minyak mentah Rusia melalui pipa Druzhba. Pihak berwenang Jerman menetapkan bahwa pipa tua yang menghubungkan Rostock dan Schwedt dapat digunakan. 

Namun ukurannya yang relatif kecil berarti hanya dapat mencakup sekitar 60% dari kapasitas penuh kilang untuk saat ini. Pihak berwenang Jerman tengah bekerja untuk meningkatkan tekanan pompa pada pipa dan memodernisasi infrastruktur sehingga lebih banyak minyak dapat mencapai kilang minyak Schwedt. (OL-14)

BERITA TERKAIT