13 May 2022, 17:48 WIB

BI Pastikan Sistem Keuangan Nasional Tetap Terjaga


Despian Nurhidayat | Ekonomi

BANK Indonesia (BI) baru saja meluncurkan buku Kajian Stabilitas Keuangan (KSK) No.38 “Sinergi dan Inovasi Untuk Mengakselerasi Pemulihan Intermediasi dan Menjaga Ketahanan Sistem Keuangan".

Adapun buku tersebut menjelaskan tentang stabilitas sistem keuangan Indonesia yang tetap terjaga. Khususnya, di tengah pemulihan perekonomian global dan domestik yang masih dibayangi berbagai tantangan.

"Sinergi kebijakan menjadi kunci stabilnya sistem keuangan, yang diwujudkan melalui bauran kebijakan nasional yang akomodatif," jelas Gubernur BI Perry Warjiyo, Jumat (13/5).

Baca juga: Momen Ramadan-Lebaran Perkuat Kinerja Ekonomi Kuartal II 2022

"Sistem keuangan tetap berdaya tahan dan intermediasi melanjutkan perbaikan, seiring dengan membaiknya kinerja korporasi dan rumah tangga, serta persepsi risiko," imbuhnya.

Perry menambahkan bahwa dalam rangka mendorong fungsi intermediasi yang seimbang dan berkualitas, BI telah melanjutkan bauran kebijakan yang mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Misalnya, kebijakan makroprudensial yang akomodatif dan inovatif bersinergi dengan kebijakan KSSK (Komite Stabilitas Sistem Keuangan). "Seiring prospek pemulihan ekonomi, stabilitas sistem keuangan Indonesia diprakirakan tetap terjaga pada 2022," papar Perry.

Dalam buku ini, terdapat tiga makna tersirat yang ingin disampaikan. "Pertama, optimisme pertumbuhan intermediasi yang semakin membaik di 2022. Ketika dinamika ekonomi global masih dibayangi berbagai tantangan," katanya.

Baca juga: BI: Cadangan Devisa Indonesia April 2022 Capai US$135,7 Miliar

"Kedua, transformasi kebijakan untuk menjaga ketahanan sistem keuangan dengan tetap mendorong intermediasi yang seimbang. Ketiga, sinergi dalam membangun ekonomi yang inklusif melalui pembiayaan dan gerakan penggunaan produk dalam negeri," tukas Perry.

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti menekankan pentingnya kebijakan otoritas yang dikalibrasi dengan baik. Berikut, direncanakan dengan baik dan dikomunikasikan dengan baik untuk menjawab berbagai tantangan, yang masih mewarnai pemulihan ekonomi.

Buku KSK merupakan publikasi utama BI di bidang stabilitas sistem keuangan (SSK) yang diterbitkan setiap semester. Buku ini memberikan informasi yang komprehensif tentang hasil asesmen dan riset mengenai SSK Indonesia.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT