12 May 2022, 14:15 WIB

Inflasi April Brasil Cetak Level Tertinggi dalam 26 Tahun


Mediaindonesia.com | Ekonomi

TINGKAT inflasi Brasil mencapai level tertinggi dalam 26 tahun untuk April. Ini karena harga yang melonjak terus menentang dorongan bank sentral untuk mengendalikannya.

Lembaga statistik nasional, IBGE, Rabu (11/5), mengatakan inflasi dalam 12 bulan hingga April naik menjadi 12,13%. Angka ini tertinggi sejak 2003 dan jauh di atas target bank sentral 3,5%.

Tingkat untuk April datang pada 1,06%. Ini tertinggi untuk bulan itu sejak 1996, kata IBGE.

Itu lebih buruk dari perkiraan 1% oleh analis yang disurvei oleh harian bisnis Valor. Harga makanan menjadi pendorong utama inflasi di April karena naik lebih dari 2%.

Harga bahan bakar tetap menjadi faktor yang mendasari. Harganya naik lebih dari 33% pada tahun lalu.

"Kekuatan tekanan harga kemungkinan mendorong pembuat kebijakan di bank sentral khawatir," tutur William Jackson, kepala ekonom pasar negara berkembang di perusahaan konsultan Capital Economics, dalam catatannya.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Inggris Melambat di Kuartal Pertama

Bank sentral Brasil berada di salah satu siklus pengetatan moneter paling agresif di dunia. Ia dengan cepat menaikkan suku bunga utama dari 2% pada Maret 2021 menjadi 12,75% saat ini.

Namun inflasi sejauh ini tetap tinggi. Hal tersebut merugikan dompet Brasil dan popularitas Presiden Jair Bolsonaro saat ia bersiap untuk mencalonkan diri kembali pada Oktober terhadap saingannya mantan presiden sayap kiri Luiz Inacio Lula da Silva (2003-2010) dalam jajak pendapat. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT