12 May 2022, 13:55 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Inggris Melambat di Kuartal Pertama


Mediaindonesia.com | Ekonomi

EKONOMI Inggris tumbuh pada kecepatan yang lebih lambat pada kuartal pertama dibandingkan dengan tiga bulan terakhir tahun lalu. Ini karena negara itu berjuang melawan inflasi yang melonjak.

Ekonomi tumbuh 0,8% pada periode Januari-Maret dibandingkan dengan ekspansi 1,3% pada kuartal keempat tahun lalu. Kantor Statistik Nasional (Office for National Statistics/ONS) mengatakan itu dalam suatu pernyataan, Kamis (12/5).

Setelah output yang solid pada Januari, ekonomi Inggris mencatat pertumbuhan nol pada bulan berikutnya dan mengalami kontraksi sebesar 0,1% pada Maret, data ONS menunjukkan. Itu terjadi setelah Bank of England pekan lalu memperingatkan bahwa Inggris berisiko jatuh ke dalam resesi dengan inflasi Inggris diperkirakan mencapai 10%, tertinggi empat dekade, pada akhir tahun.

Harga konsumen melonjak di seluruh dunia karena ketegangan pasokan sebagai dampak dari ekonomi dibuka kembali dari penguncian pandemi. Ini diperparah perang Ukraina yang membengkakkan biaya energi yang sudah tinggi.

Baca juga: Singkirkan Apple, Saudi Aramco Jadi Perusahaan paling Berharga Sedunia

Krisis biaya hidup Inggris sendiri disalahkan sebagian dalam inflasi. Ini karena partai Konservatif Perdana Menteri Inggris Boris Johnson kehilangan kendali atas dewan-dewan kunci dalam pemilihan lokal baru-baru ini. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT