12 May 2022, 11:17 WIB

Bantu Produktivitas Warga, PLN Listriki 3 Desa di Alor Tengah Utara


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

PT PLN (Persero) melistriki tiga desa yang berada di Kecamatan Alor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Desa tersebut adalah Desa Welai selatan, Desa Fuisama, dan Desa Tominiku.

Upaya itu sebagai dukungan peningkatan produktivitas masyarakat melalui penyaluran energi listrik di daerah-daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T). "Kecamatan Alor Tengah Utara resmi menikmati listrik dari PLN pada Juni 2021," jelas General Manager Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (UIW NTT) Agustinus Jatmiko dalam keterangan resmi, Kamis (12/5).

PLN membangun jaringan listrik sebanyak 21,22 kms jaringan tegangan rendah (JTR), 14,42 kms Jaringan Tegangan Menengah (JTM), 4 Gardu sebesar 200 kVA dan investasi sebanyak Rp4,8 Milliar.

Salah seorang warga Desa Welai Selatan Lambertus Alopada menyambut baik langkah PLN tersebut. Dia mengaku terbantu atas kehadiran listrik yang sudah masuk di kampungnya. "Saya selaku pemilik usaha las di kampung ini merasa terbantu dengan adanya listrik," ucapnya.

Ia menambahkan, sebelum masuknya listrik saya harus mengeluarkan biaya Rp500 ribu untuk membeli bensin setiap bulannya agar usaha las berjalan lancar. Namun, setelah adanya listrik, ia menytakan hanya mengeluarkan Rp100 ribu untuk usahanya. "Selain itu, pendapatan saya juga semakin meningkat sekarang," klaim Lambertus. (OL-12)

BERITA TERKAIT