10 May 2022, 21:03 WIB

Inflasi Denmark Capai Level Tertinggi sejak 1984


Mediaindonesia.com | Ekonomi

INFLASI Denmark mencapai tingkat tertinggi pada April dalam hampir empat dekade. Ini karena energi dan harga pangan melonjak.

Indeks harga konsumen Denmark (CPI) naik 6,7% pada April dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ini tingkat tertinggi sejak Juni 1984, menurut Statistik Denmark, Selasa (10/5).

Harga barang meningkat 10,3% selama tahun lalu. Ini, imbuh badan statistik itu, tingkat yang terakhir disamai pada November 1982.

"Termasuk barang, kenaikan harga listrik, makanan, bahan bakar minyak, dan gas sangat terlihat pada April 2022," kata badan tersebut dalam suatu pernyataan.

Tidak termasuk energi dan bahan makanan yang belum diproses, harga konsumen Denmark naik 3,6%. Ini masih naik dari 3,2% di Maret.

Baca juga: Inflasi Jerman Cetak Rekor Tertinggi dalam 40 Tahun

Harga bahan bakar dan makanan telah melonjak di seluruh dunia setelah invasi Rusia ke Ukraina dan sanksi Barat terhadap Moskow mengganggu pasokan. Di saat bank sentral di Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara lain menaikkan suku bunga dalam upaya untuk menjinakkan inflasi, Nationalbanken Denmark memangkas suku bunga utamanya pada September untuk melindungi nilai tukar krone yang dipatok ke euro.

Bank Sentral Eropa telah mempertahankan suku bunganya sendiri sejauh ini. Padahal inflasi juga melonjak di zona euro. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT