09 May 2022, 23:06 WIB

Uni Eropa-Indonesia Luncurkan Publikasi Tahunan Berisi Capaian Kerja Sama Pembangunan 2022-2023


Despian Nurhidayat |

DELEGASI Uni Eropa di Indonesia secara resmi meluncurkan EU-Indonesia Cooperation Publication 2022-2023 yang merupakan publikasi tahunan dan berisi tentang program dan pencapaian kerja sama pembangunan Uni Eropa dengan Indonesia. 

Publikasi tahun ini mengusung tema stronger together, yang menegaskan komitmen kedua belah pihak dalam upaya pemulihan dan ketahanan ekonomi yang lebih kuat dan berkelanjutan.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, publikasi EU-Indonesia itu akan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang Uni Eropa mengenai kegiatan dan hasil objektif dari kerja sama dengan Indonesia.

"Publikasi ini akan memberikan contoh bukti kerja sama kita untuk mencapai perdamaian, kemakmuran dan keberlanjutan kehidupan masyarakat dan planet kita," ungkapnya dalam acara peluncuran EU-Indonesia Cooperation Publication 2022-2023 di Ayana Midplaza Hotel, Jakarta, Senin (9/5).

Suharso mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Uni Eropa kepada Indonesia dalam beberapa dekade terakhir, termasuk di masa pandemi covid-19.

Baca juga : Wapres: Pembangunan Jangan Korbankan Generasi Masa Depan

"Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menyampaikan terima kasih saya kepada Uni Eropa dan negara-negara anggota atas dukungan selama beberapa dekade terakhir kepada pemerintah Indonesia, juga dukungan Uni Eropa kepada Indonesia untuk melewati pandemi covid-19.," kata Suharso.

Dia pun berharap kerja sama antara Uni Eropa dengan Indonesia akan terus diperkuat di masa depan untuk kemakmuran bangsa dan rakyat masing-masing negara. 

Di tempat yang sama, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Vincent Piket menambahkan, publikasi tersebut menampilkan proyek kerja sama antara Uni Eropa dan Indonesia yang sangat inovatif untuk mencapai SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan, keanekaragaman hayati, urbanisasi, pendidikan, dan lainnya.

"Jika anda membaca publikasi ini, anda akan melihat bagaimana berbagai program dari Uni Eropa dan negara-negara anggota telah memberikan kontribusi nyata. Tidak hanya pada perkembangan strategis dan reformasi di Asia, tetapi juga manfaat nyata bagi kehidupan warga negara Indonesia," kata Vincent.

Dia menegaskan, Uni Eropa mendukung penuh pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia, di mana tema utama dari G20 tahun ini sangat berkaitan erat dengan kerja sama Uni Eropa dengan Indonesia yakni recover together, recover stronger. (OL-7)

BERITA TERKAIT