29 April 2022, 15:30 WIB

Persiapan Lebaran, TIKI Maksimalkan Operasional


Budi Ernanto |

PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) menargetkan pertumbuhan volume kiriman sebesar 15% di Ramadan tahun ini. Untuk mencapai target tersebut, TIKI agresif memberikan berbagai promo diskon ongkos kirim. TIKI telah mempersiapkan operasionalnya untuk mengantisipasi lonjakan kiriman terutama satu minggu menjelang Hari Raya Lebaran. Tidak hanya itu, TIKI juga akan tetap menerima permintaan pengiriman paket di libur Lebaran.

Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI mengatakan, "Persiapan memperingati Hari Raya Idul Fitri tahun ini sudah mulai terasa meriah. Di jasa pengiriman, momen-momen hari raya terutama Idul Fitri selalu terjadi peningkatan permintaan pengiriman karena momen hari raya selalu dimanfaatkan untuk saling berkirim parsel maupun mengirimkan barang keperluan perayaan hari raya kepada sanak keluarga."

"Melihat kondisi Lebaran tahun ini dimana konsumsi belanja masyarakat akan lebih meningkat dibandingkan 2 tahun terakhir. Kami memprediksi volume barang kiriman pada Ramadan ini akan mengalami peningkatan hingga 10% dibandingkan Bulan Ramadan tahun lalu," sambung dia.

Untuk melayani kebutuhan pengiriman masyarakat, TIKI telah mempersiapkan rencana untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan menguntungkan bagi konsumennya. TIKI memiliki beragam promosi diskon untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri antara lain promo tarif hemat untuk pengiriman dari Jabodetabek ke beberapa kota tujuan, promo diskon ongkir 10% untuk produk ONS (Over Night Service), REG (Regular) dan ECO (Economy), serta kerjasama dengan aplikasi WeHelpYou untuk promo diskon ongkir 50% dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Baca juga: Mudik Setelah Pandemi

“Selain memberikan berbagai promo menarik, hal terpenting yang menjadi fokus kami adalah memastikan kualitas pelayanan kami mulai dari proses booking, hingga ketepatan waktu pengiriman. Saat ini kami telah memiliki berbagai pilihan yang akan semakin mempercepat dan mempermudah proses booking. Selain datang ke gerai, konsumen juga dapat mendatangi fasilitas DRIVE THRU kami, maupun melakukan online booking dan memanfaatkan layanan Jemput Online (JEMPOL) melalui Aplikasi TIKI, maupun platform mitra seperti WeHelpYou.” Lanjut Yulina.

Dalam hal operasional, TIKI akan memfokuskan pada keamanan dan ketepatan waktu pengiriman. Perusahaan telah menyiapkan berbagai moda transportasi mulai dari trucking, pesawat freighter maupun pesawat carter. TIKI juga menyiapkan kapasitas dan pemetaan tim opeasional baik di gerai, gudang dan kurir lapangan. TIKI juga memaksimalkan pemanfaatan sistem teknologi untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan tim operasional.

“Kami akan memaksimalkan operasional kami untuk dapat mengirimkan paket dan barang. Di libur Lebaran, kami juga akan tetap membuka gerai dan menerima permintaan untuk pengiriman. Namun begitu mengingat libur Lebaran, arus lalu lintas akan sangat padat terlebih dengan diberlakukannya aturan one way – ganjil genap, kami menyarankan konsumen agar dapat mengatur jadwal pengirimannya, sebisa mungkin lebih awal mengirimkan paketnya,” tutup Yulina.

Pada Ramadan, TIKI secara rutin mengadakan berbagai kegiatan Tanggung Jawab perusahaan. Melalui payung CSR “TIKI Budaya Berbagi”, selama Ramadan, TIKI mengadakan TIKI Bagi Takjil dan TIKI Bagi THR ke Rumah Anak Yatim. Kegiatan ini dilakukan serentak secara nasional. Bersama Baznas, TIKI juga akan melakukan Bedah Mushola di 5 kota. (R-3)

BERITA TERKAIT