27 April 2022, 15:06 WIB

Jasa Raharja Lepas Keberangkatan 40 Ribu Peserta Mudik Gratis


Rahmatul Fajri |

PT Jasa Raharja melepas keberangkatan mudik gratis bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Rabu (27/4). Kegiatan mudik gratis tersebut merupakan program Kementerian BUMN bersama anak usahanya di bawah koordinasi Jasa Raharja.

Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan A Purwantono mengatakan dengan adanya mudik gratis tersebut dapat mengurangi angka pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, terutama pengendara sepeda motor.

Baca juga: Rusia akan Hentikan Pengiriman Gas ke Polandia-Bulgaria

"Mudik Aman Mudik Sehat ini diharapkan masyarakat tidak mengendarai kendaraan sendiri, apalagi yang sepeda motor terutama banyak sekali," kata Rivan di Jakarta, Rabu (27/4).

Rivan menjelaskan ada 542 armada bus yang disiapkan oleh Kementerian BUMN dengan tujuan 39 kota. Ia mengatakan 542 bus itu akan mengangkut 24.605 orang. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan 199 rangkaian kereta api dengan 15 ribu penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Senen.

"Praktis dalam satu kegiatan Mudik Aman Mudik Sehat bersama BUMN ini sudah 40 ribu masyarakat berangkat bersama-sama sampai tanggal 29 April nanti ke kota masing-masing," imbuhnya.

Untuk menjamin keselamatan warga yang mengikuti mudik gratis, Rivan mengatakan tim Jasa Raharja telah memastikan kondisi angkutan layak jalan sejak 3 minggu terakhir. Selain itu, pihaknya juga memastikan pengemudi juga dalam keadaan prima dan berpengalaman.

"Kita data pengemudinya, dan biasanya dari bus ada 2 pengemudi, bebas narkoba, keadaan sehat, dan saat berangkat pun kita siapkan dan di antaranya juga pengemudi punya pengalaman lebih dari 3 tahun," kata Rivan.

Ia mengatakan para peserta mudik gratis juga mendapat jaminan asuransi selama perjalanan pulang pergi. Hal itu untuk menjamin warga ketika keadaan darurat terjadi selama proses perjalanan. (OL-6)

BERITA TERKAIT