25 April 2022, 22:18 WIB

Penjualan Gim Capai 1,92 Miliar Dollar AS, Ini Kontribusi Pengembang Lokal!


Iis Zatnika |

Mari berkenalan dengan perusahaan pengembang gim lokal yang bukan cuma sukses merilis 10 permainan, namun menciptakan aneka inovasi,  termasuk membangun komunitas pengembang gim lokal. PT Gaming Karya Indonesia yang berlokasi di Kemayoran, Jakarta juga  menyediakan jasa mendesain dan mengembangkan gim berdasarkan kebutuhan klien. Sebagian gim itu juga diproduksi bekerjasama dengan para pengembang game HTML5 dari berbagai negara.

“Game-game yang kami kembangkan menggunakan teknologi HTML5 terbaru dan berbasis web di Ooruoo.com,” kata Creative Director PT Gaming Karya Indonesia Siptian.

Siptian memaparkan, data Global Games Market Report, menyebutkan Indonesia adalah pasar gim atau permainan digital terbesar ke-16 di dunia dan terbesar di Asia Tenggara. Pada akhir 2021, penjualan gim digital di Indonesia menyumbang 1,92 miliar dollar AS. Data yang tak kalah mengejutkan, 77% masyarakat Indonesia ternyata meluangkan waktunya untuk bermain gim setiap harinya.

“Gim dapat melatih fokus untuk mencari solusi, sehingga mengasah otak juga meningkatkan kreativitas. Kalau dulu ada teka-teki silang, sekarang salah satunya adalah gim daring. Kalau dibilang bermain gim negatif, tentu saja semua yang berlebihan juga mempunyai sisi negatif,” lanjut Siptian.

Situs Oouroo.com memungkinkan para gamers tidak perlu lagi mengunduh berbagai aplikasi, mereka dengan mudah mengakses langsung ke serangkaian gim seru. “Kami juga punya misi membangun komunitas pengembang gim di Indonesia. Kami mereka mengundang siapa saja untuk menciptakan gim daring karyanya yang nantinya dapat ditayangkan di situs Ooruoo.com.

“Banyak sekali anak-anak muda yang mengerti bahasa programming dan sangat kreatif. Dengan tampil di situs kami, mereka akan mendapatkan poin yang dapat digunakan sebagai pendapatan,” kata Siptian.

Terciptanya komunitas pengembang akan menyatukan serta bertukar pengalaman sehingga tercipta sinergi positif untuk mengembangkan industri gim lokal. “Kami juga menyediakan layanan cepat isi ulang voucher  dengan membeli secara daring. Teknologi Certified Secure Payment (SSL) yang sudah diaplikasikan di Oouroo.com akan menjamin keamanan transaksi.” (X-16)

 

BERITA TERKAIT