20 April 2022, 20:39 WIB

Sandiaga Minta BUMD Peraih TOP BUMD Award 2022 Jangan Cepat Puas


mediaindonesia.com |

TOP BUMD Awards 2022 atau penghargaan BUMD yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia, telah diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (20/4).

Acara yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business ini, dihadiri oleh lebih dari 650 orang, dan dilaksanakan sesuai Protokol Kesehatan Covid-19.

Acara itu merupakan hasil kolaborasi antara Majalah Top Business dengan sejumlah lembaga seperti I-Otda (Institut Otonomi Daerah), LKN (Lembaga Kajian Nawacita), SGL Management, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K. Harriman and Assoociate, Solusi Kinerja Bisnis (SKB), Yayasan Pakem, Dosen Pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran, dan beberapa lembaga lainnya.

Beberapa BUMD ternama, tercatat sebagai BUMD yang paling top dan terbaik di Indonesia di antaranya adalah Perumdam TKR Kabupaten. Tanggerang, Perumda Apa' Mening Kabupaten Malinau, Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng, dan Perumda Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu.

Selain itu, ada juga Bank Jatim, Bank DKI, Bank Sumsel Babel, BPR Bank BAPAS 69, Bank Sleman.

Sedangkan di sektor lain, ada MRT Jakarta, PT SPR (Sarana Pembangunan Riau), RSUD Iskak Tulungagung (BLUD-red), dan  PT Food Station Tjipinang Jaya. Kemudian, masih banyak BUMD-BUMD hebat lainnya yang meraih penghargaan TOP BUMD Awards 2022.

Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2022, M. Lutfi Handayani, mengatakan bahwa ajang tersebut merupakan kelanjutan dari tahun-tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, Lutfi menjelaskan, tema yang diangkat tahun ini adalah “Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD yang Berkelanjutan”. “Kita berharap, agar Manajemen BUMD tidak hanya mengejar kinerja bisnis tahunan atau dalam jangka pendek saja, tapi juga melakukan investasi agar bisnis BUMD dapat tumbuh berkelanjutan dalam jangka panjang,” kata Lutfi. 

Dalam sambutannya di acara tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengatakan bahwa kini penanganan Covid-19 di Indonesia, membaik. “Walhasil, kita kini di tatanan ekonomi baru,” kata Sandiaga.

Sandiaga kemudian meminta BUMD se-Indonesia untuk jangan cepat puas diri. “Teruslah inovasi, menaikkan kinerja, dan tancap gas,” kata Menteri Sandiaga Uno.

Baca juga: Dukung Infrastruktur, Dirut PT PII Raih Penghargaan Indonesia Best CEO

Adapun Kepala BPSDM Kementerian Dalam Negeri  (Kemendagri), Sugeng Hariyono, mengatakan bahwa dunia termasuk RI, berjuang untuk pulih dari Covid-19. Di situ, pemerintah daerah dan BUMD perlu memetakan portofolio usaha.

“Petakan, mana yang perlu bertahan, perlu didorong lebih cepat, dan lain-lain,” kata Sugeng.

Membacakan sambutan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Sugeng juga mengatakan bahwa untuk memajukan BUMD, perlu langkah integratif dan sinergi.

Sinergi tersebut bisa bagus, misalnya, kini ada 26 BPD dengan aset Rp796,45 triliun dan kredit disalurkan di Rp473 triliun.

“Dengan aset besar tentu BPD bisa dorong ekonomi,” kata Mendagri.

Kriteria Penilaian

Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, M.A., Ketua Dewan Juri TOP BUMD Awards 2022, dalam kesempatan tersebut menjelaskan kriteria penilaian yang digunakan Dewan Juri dalam TOP BUMD Awards 2022.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Prof. Wahyudin Zarkasyi (Dewan Juri Top BUMD Awards 2022), Djohermansyah menjelaskan tiga kriteria itu.

Pertama, aspek pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan berkelanjutan (achievement). Kemudian aspek yang kedua adalah, BUMD yang terus melakukan perbaikan (improvement).

Sedangkan yang ketiga, adalah aspek kontribusi dalam pembangunan daerah. Dan aspek yang keempat, adalah strategi/inovasi untuk mendukung bisnis di masa Pandemi/Kenormalan Baru

Temuan Menarik

Selain itu, Ketua Dewan Juri TOP BUMD  yang akrab dipanggil Prof Djo tersebut, juga menerangkan beberapa temuan penting selama proses penilaian berlangsung.

Temuan pertama: Secara umum, hampir semua BUMD, relatif mampu menghadapi dampak Pandemi Covid-19 dengan baik, namun ada beberapa catatan.

Sesi Nilai Tambah

M. Lutfi Handayani mengatakan bahwa Sesi Nilai Tambah dalam wawancara antara Dewan Juri Top BUMD Awards 2022 dengan perusahaan peserta adalah sesi di mana Dewan Juri memberikan saran dan masukan perbaikan kepada peserta, saat di akhir sesi wawancara penjurian.

Sesi Nilai Tambah ini, dipopulerkan dan dibudayakan dalam award-award yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business.

Jadi, TOP BUMD Awards atau kegiatan penghargaan lain yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business atau MSI Group, tidak hanya sekadar kegiatan penilaian dan penghargaan saja, namun didalamnya banyak aspek pembelajarannya.

“Dari kegiatan ini, kita mengharapkan munculnya BUMD-BUMD yang selalu melakukan perbaikan pengelolaan usaha bisnisnya, untuk meningkatkan daya saing, layanan, dan kinerja perusahaan secara berkelanjutan, untuk mendukng percepatan pemulihan ekonomi nasional atau pun pembangunan di daerah,” kata Lutfi.

“Bila semakin banyak BUMD yang kinerjanya naik, maka percepatan dan pemerataan pembangunan nasional, bisa lebih cepat tercapai,” kata Lutfi. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT