20 April 2022, 14:52 WIB

Jasa Raharja Gelar Mudik Gratis dengan Kuota 20 Ribu Orang


Rahmatul Fajri |

PT Jasa Raharja menyelenggarakan mudik gratis pada Lebaran tahun ini dengan kuota 20.000 orang. Untuk mengangkut pemudik tersebut, Jasa Raharja menyediakan 100 armada bus dengan kapasitas 5.000 orang dan 24 kereta api dengan kapasitas 15.000 orang.

Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan A Purwantono mengatakan, pemerintah memprediksi jumlah pemudik pada tahun ini mencapai 85 juta orang yang 40 juta di antaranya menggunakan kendaraan pribadi. Ia mengatakan untuk mengurangi potensi penggunaan kendaraan pribadi, pihaknya menyediakan mudik gratis untuk masyarakat.

Baca juga: Itjen Kementan Bersama BPKP Dukung Pengawasan Internal

"Dengan peningkatan mobilitas yang terjadi pada saat lebaran nanti, diharapkan potensi kendaraan pribadi berkurang agar masyarakat dipastikan aman sampai di dalam keluarganya," kata Rivan di Gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (20/4).

Rivan menjelaskan untuk mudik gratis mengikuti anjuran pemerintah, yakni warga harus divaksin lengkap dan booster. Bagi pemudik yang belum mendapatkan vaksinasi booster, Jasa Raharja bersama Kemenhub menyediakan gerai vaksinasi di lokasi pemberangkatan mudik.

"Ini bisa memudahkan. Sehingga masyarakat dipastikan kondisinya sehat memenuhi seperti apa yang disyaratkan," imbuhnya.

Selain vaksinasi, syarat lainnya yang harus dipenuhi pemudik yakni memiliki sepeda motor dan SIM C, 1 orang pendaftar dibolehkan mengajak maksimal 4 orang dewasa (3 tahun ke atas), pendaftar dan calon peserta wajib memiliki hubungan keluarga (dibuktikan dengan KK, surat nikah, atau akta lahir), dan satu orang pendaftar hanya boleh terdaftar 1 kali.

Lebih lanjut, Rivan menerangkan pendaftaran mudik gratis dilakukan secara daring. Pendaftaran bisa melalui aplikasi atau laman resmi Jasa Raharja. Ia mengatakan penerapan sistem daring akan mempermudah untuk verifikasi maupun pengurusan tiket.

"Pada saat registrasi atau memasuki bus saat keberangkatan, mesti bisa melakukan check in. Sangat memudahkan untuk mengetahui apakah busnya salah atau tidak," pungkas Rivan.

Sebagai informasi, mudik gratis dari Jasa Raharja tersebut akan dilakukan pada 27 April 2022 dari Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta untuk armada bus. Adapun tujuannya meliputi, Surabaya, Malang, Jogjakarta, Semarang, Wonogiri via Solo, Sragen via Solo, Kuningan, Cirebon, Purwokerto, Pati, Magelang, dan Ngawi-Madiun.

Sedangkan yang menggunakan kereta api diberangkatkan pada 27 April sampai 1 Mei 2022 dari Stasiun Pasar Senen dengan tujuan Semarang, Malang, Surabaya, Solo, dan Yogyakarta. (OL-6)

BERITA TERKAIT