13 April 2022, 18:12 WIB

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Gandeng M Bloc Bangun Kawasan Danau Toba


Apul Iskandar | Ekonomi

DALAM rangka mengejar ketertinggalan di Kawasan Danau Toba, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) menggandeng M Bloc untuk membangun kawasan Danau Toba.

M Bloc merupakan holding company yang bergerak di bidang placemaking ekonomi kreatif yang didirikan oleh para profesional di berbagai bidang industri dan bisnis kreatif di bidang arsitektur, branding, media, musik, film, dan seni pertunjukan.

Direktur Utama BPODT Jimmy Bernando Panjaitan didampingi jajaran direksi telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan M Bloc. Jimmy berharap dengan adanya kerja sama diharapkan mampu mendorong bangkitnya sektor pariwisata dan ekonomis kreatif serta pengembangan bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif, kurasi produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Selain itu juga termasuk pendampingan legalitas Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pemasaran produk pariwisata dan ekonomi kreatif hasil UMKM di kawasan Danau Toba di M Bloc Market Jakarta, Medan, dan daerah lainnya.

“Melalui kerja sama ini diharapkan mampu mendorong bangkitnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga ekonomi dapat tumbuh di kawasan Danau Toba,” kata Jimmy dalam keterangannya, Rabu (13/4).

Penjajakan kerja sama ini sudah cukup lama karena kemampuan M Bloc telah dipercaya dalam mengelola situs-situs bangunan tua dan patut diacungi jempol karena revitalisasi destinasi wisata merupakan salah satu fokus.

Sementara salah satu founder M Bloc, menyampaikan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan berkunjung ke Kawasan Danau Toba untuk melihat potensi yang ada dan mengusulkan akan menggelar beberapa event di Toba Caldera Resort seperti Festival Drone.

"Kawasan Danau Toba akan sangat menarik ketika ada event serupa seperti Joyland Festival, jazz, pop, rock, dan musik tradisional," kata Jacob.

Sebelumnya M Bloc telah sukses mengubah kawasan Peruri di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menjadi ruang publik sekaligus wujud semangat kreatif anak muda. Selasa (12/4), M Bloc juga secara resmi akan mengelola Kantor Pos Medan yang dinamai Pos Bloc. (AP/OL10)

BERITA TERKAIT