13 April 2022, 15:29 WIB

Konflik Geopolitik Bikin Harga Emas Semakin Kinclong


Insi Nantika Jelita |

HARGA emas dunia diperkirakan semakin naik akibat sejumlah konflik geopolitik dunia. Pada perdagangan Rabu (13/4) ini, harga emas spot terus menguat dengan berada di posisi US$1.971 per troy ounce

"Ada kemungkinan harga emas akan menuju US$2.017 per troy ounce. Penyebabnya masalah geopolitik," ujar Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam keterangan resmi, Rabu (13/4).

Baca juga: Tiongkok Lockdown, Rantai Pasok Global Berpotensi Terganggu

Konflik diprediksi kian memanas dengan Rusia kembali berencana melakukan invasi ke Ukraina. Apalagi, target negara yang dipimpin Vladimir Putin itu penguasaan 100%.

 "Kalau senandainya harga emas bisa tersentuh di level US$2.017 per troy ounce, maka kembali naik ke US$2.050 hingga US$2.150 per troy ounce," imbuhnya.

Baca juga: Biden Tuding Putin Lakukan Genosida di Ukraina

Ibrahim juga menyoroti persoalan lain yang memengaruhi tingginya harga emas. Seperti, Iran memberikan sanksi ekonomi terhadap pejabat Amerika Serikat akibat kebuntuan masalah reaktor nuklir.

Berikutnya, masalah Semenanjung Korea yang kembali memanas, setelah Korea Utara menyentil kondisi inflasi Amerika Serikat yang melonjak di atas 7,5%.(OL-11)

BERITA TERKAIT