13 April 2022, 13:00 WIB

Sandiaga: 30 Juta UMKM Ditargetkan Onboarding dan Gabung di E-Katalog


Insi Nantika Jelita |

SEKITAR 30 juta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya di sektor ekonomi kreatif, ditargetkan masuk toko daring (onboarding) dan e-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP).

Hal tersebut diutarakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin saat acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Menurutnya, target itu sesuai arahan Presiden Joko Widodo dalam mendorong penggunaan produk buatan lokal.

Baca juga: Kepri Disiapkan untuk Jadi Hub Barat Ekspor UMKM

"Targetnya dengan Gernas Bangga Buatan Indonesia, 30 juta pelaku UMKM akan onboarding sampai akhir 2023,” ujar Sandiaga dalam keterangan resmi, Rabu (13/4).

Menteri Parekraf menjelaskan bahwa kegiatan showcase dan business matching merupakan upaya percepatan penyerapan produk dalam negeri dan UMKM.

“Kami berharap ada peningkatan penggunaan komitmen belanja pemerintah bisa sebesar Rp500 triliun, atau naik dari Rp400 triliun. Ini akan menambah 2 juta lapangan kerja baru," imbuhnya.

Baca juga: Sandiaga Uno: Visa on Arrival Bali Diperluas ke 42 Negara

Sandiaga mendorong pelaku UMKM di berbagai daerah untuk menghadapi peluang dan tantangan dengan melakukan inovasi dalam menggebrak produk lokal. Pihaknya akan memberikan pelatihan, pendampingan, akses pemasaran, hingga akses pembiayaan.

“UMKM kita akan tumbuh berkembang dari kecil menjadi menengah, menengah menjadi besar, dari daerah menjadi regional. Lalu, dari regional bisa mencapai pasar internasional,” pungkas Sandiaga.(OL-11)
 

 

BERITA TERKAIT