11 April 2022, 13:19 WIB

Jasa Marga Pastikan Tidak Ada Kenaikan Tarif Tol hingga Lebaran


Insi Nantika Jelita |

PT Jasa Marga Tbk memastikan tidak ada kenaikan tarif ruas tol selama bulan suci Ramadan hingga Lebaran 2022.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menegaskan, penyesuain tarif tol biasanya tidak terkait dengan periode Lebaran atau musim lainnya.

"Saya bisa sampaikan di Jasa Marga Group tidak ada penyesuaian tarif sampai dengan nanti musim Lebaran," ujarnya saat konferensi pers di Kantor Jasa Marga, Jatiasih, Bekasi, Senin (11/4).

Menurutnya, penyesuaian tarif merupakan skema business plan dari badan usaha jalan tol dan dilakukan reviu tiap dua tahun sekali berdasarkan pertimbangan inflasi.

"Kita kan melakukan penyesuaian itu bukan mau Lebaran atau mau Nataru (Natal dan Tahun Baru) kan enggak, tapi sudah ada dalam business plan," jelas Heru.

Dia menyampaikan, usulan penyesuaian tarif tol oleh badan usaha tidak langsung disetujui. Harus dicek terlebih dahulu standar pengajuan pelayanan badan usaha tol tersebut.

"Penegasan kami penyesuain tarif itu suatu hal yang reguler yang disesuikan business plan dan laju inflasi tiap dua tahun agar tetap menjaga tingkat kelayakan bisnis jalan tol.

Baca juga: Dampak Kenaikan Harga Pertamax Berbeda Dibandingkan Minyak Goreng

Selain itu, Heru juga mengatakan Jasa Marga belum ada rencana memberikan diskon tarif tol selama libur Lebaran tahun ini. Pihaknya mengaku akan berfokus pada peningkatan layanan tol, seperti perbaikan jalan.

"Kondisi saat ini yang kami fokus adalah dari sisi peningkatan pelayanan (ruas tol) karena ada peningkatan volume luar biasa dalam jangka waktu singkat atau 2-3 minggu ke depan," pungkasnya.

Pada Februari lalu, Jasa Marga memberlakukan penyesuaian tarif Tol Dalam Kota Jakarta, yakni Tol Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit. Tarif itu resmi naik Rp500 setiap golongan per Sabtu, (26/2) pukul 24.00 WIB.

Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 74/KPTS/M/2022 tanggal 31 Januari 2022 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit. (OL-4)

BERITA TERKAIT