07 April 2022, 12:07 WIB

Samsung Perkirakan Laba Operasi Kuartal I Lompat 50,3%


Mediaindonesia.com |

SAMSUNG Electronics memperkirakan laba operasi untuk kuartal pertama naik 50,3%. Raksasa teknologi Korea Selatan itu mengatakan hal tersebut dalam pernyataan Kamis (7/4), meskipun rantai pasokan global mengalami kesulitan.

Pembuat smartphone terbesar di dunia itu memperkirakan laba operasi kuartal pertama 2022 sekitar 14,1 triliun won (US$11,6 miliar). Ini berarti naik dari 9,4 triliun won pada kuartal yang sama tahun lalu.

Samsung tidak memberikan detail performa dari berbagai divisinya. Perusahaan diharapkan untuk merilis hasil lengkapnya pada 28 April.

Analis mengatakan perkiraan itu kemungkinan didorong oleh penjualan smartphone yang kuat. Akan tetapi analis memperingatkan penurunan laba yang diharapkan di divisi cip memori. "Penurunan harga cip memori akan tertahan di balik permintaan yang lebih kuat dari perkiraan," ungkap Kim Un-ho, seorang analis di IBK Investment Sekuritas, dalam laporannya.

Laba dalam bisnis seluler Samsung diperkirakan akan melonjak 55,8% dibandingkan dengan kuartal IV menjadi lebih dari 4,1 triliun won. Ini mengimbangi penurunan laba 6% yang diantisipasi dari divisi chip memori, kata laporan itu.

Dengan cip memori yang sekarang digunakan di berbagai perangkat dan server cloud--penting untuk kerja jarak jauh di era pandemi--sektor ini menjadi kurang bergantung pada permintaan gadget yang didorong oleh musim seperti smartphone dan laptop. Tahun lalu terjadi lonjakan harga cip di tengah permintaan yang kuat untuk perangkat pribadi dan pusat data sehingga membantu Samsung mencapai rekor penjualan tahunan.

Baca juga: JetBlue Ingin Beli Spirit Airways Ancam Kesepakatan Frontier

Ke depan, Kim memperkirakan konglomerat itu akan menghasilkan 60,5 triliun won dalam laba operasional untuk 2022 secara keseluruhan. Ini berarti meningkat 17% dari tahun ke tahun. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT