06 April 2022, 19:07 WIB

Subsidi Upah Bantal Pengaman Jika Harga Pertalite dan LPG 3 Kg Naik


Andhika Prasetyo |

SUBSIDI upah bagi pekerja bergaji di bawah Rp3,5 juta per bulan merupakan bantal pengaman, untuk melindungi kelompok masyarakat rentan.

Dalam hal ini, jika pemerintah terpaksa menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan LPG ukuran 3 kilogram (kg).

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan bahwa saat ini perubahan harga Pertalite dan LPG 3 kg masih dikaji oleh seluruh kementerian atau lembaga (K/L) terkait.

Baca juga: Pertamina Pulihkan Pasokan BBM Ke SPBU

Pemerintah tentu tidak ingin ada kenaikan dua komponen tersebut. Namun, jika opsi itu harus diambil, pemerintah sudah menyiapkan upaya perlindungan.

"Pemerintah sudah menyiapkan bantalan berupa bantuan sosial. Masyarakat yang bekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta, pada akhirnya mendapat bantuan," ujar Moeldoko di Jakarta, Rabu (6/4).

Baca juga: Penaikan Pertamax, Presiden: Kelangkaan Energi dan Kenaikan Harga Minyak Dunia

Kebijakan tersebut serupa dengan BLT minyak goreng, yang diberikan kepada masyarakat guna menjaga daya beli. Langkah itu diambil untuk meredam dampak lonjakan harga minyak goreng.

"Itu semua bantalan yang diberikan, tujuannya untuk meringankan beban masyarakat, jika perubahan-perubahan terpaksa dilakukan," pungkas Moeldoko.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT