06 April 2022, 11:49 WIB

JetBlue Ingin Beli Spirit Airways Ancam Kesepakatan Frontier


Mediaindonesia.com |

JETBLUE Airways pada Selasa (6/4) mengumumkan tawaran untuk mengakuisisi Spirit Airlines sebesar US$3,6 miliar. Ini berarti perusahaan itu menyiapkan perang penawaran dengan Frontier Airlines di pasar penerbangan yang tengah tertekan.

Tawaran tunai sebesar US$33 per saham menandai 52% tambahan dari harga Spirit sebelum 7 Februari mengumumkan kesepakatan dengan Frontier, menurut JetBlue. "JetBlue sangat yakin proposalnya merupakan proposal superior di bawah perjanjian merger Spirit dengan Frontier dan mewakili peluang paling menarik bagi pemegang saham Spirit," kata JetBlue.

Spirit mengonfirmasi penerimaan proposal sukarela dari JetBlue. Dewannya akan mempertimbangkan tawaran tersebut.

Dewan, "Akan bekerja dengan penasihat keuangan dan hukumnya untuk mengevaluasi proposal JetBlue dan menetapkan tindakan yang ditentukan untuk kepentingan terbaik Spirit dan pemegang sahamnya," kata Spirit.

Frontier membalas pengumuman JetBlue dan mengatakan merger yang diusulkan dengan Spirit tetap, "Demi kepentingan terbaik konsumen dan pemegang saham," kata juru bicara Frontier. "Tidak seperti kombinasi Spirit-Frontier yang menarik, akuisisi Spirit oleh JetBlue, operator tarif tinggi, akan menyebabkan perjalanan yang lebih mahal bagi konsumen. Secara khusus, tumpang tindih Pantai Timur yang signifikan antara JetBlue dan Spirit akan mengurangi persaingan dan membatasi pilihan untuk konsumen."

Frontier juga mengatakan bahwa upaya JetBlue mengejutkan mengingat gugatan antimonopoli oleh Departemen Kehakiman menantang aliansi antara American Airlines dan JetBlue. Dalam mengumumkan merger antara Frontier dan Spirit dua bulan lalu, eksekutif dari kedua operator tersebut berpendapat bahwa mereka dapat bersama-sama menantang operator AS yang lebih besar dan menghemat biaya sekitar US$1 miliar.

Baca juga: Elon Musk Borong Saham Twitter, Harganya Langsung Melejit

JetBlue menawarkan argumen serupa, Selasa, mengatakan kesepakatan itu akan memosisikan JetBlue sebagai penantang tarif rendah nasional yang paling menarik untuk empat operator besar AS yang mendominasi. Saham Spirit naik 22,4% pada Selasa, JetBlue turun 7,1%, dan Frontier Group naik 3,9%. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT