27 March 2022, 16:36 WIB

BSN Gandeng Tokomutu untuk Permudah Sertifikasi SNI Produk UKM


mediaindonesia.com |

Presiden Joko Widodo menyinggung tentang kesulitan UKM dalam proses mendapatkan sertifikasi SNI yang ruwet, mahal dan menjadi penghambat produk usaha kecil dan menengah (UKM) untuk dapat masuk dalam e-katalog, Jumat (25/3).

Menjawab tantangan tersebut Badan Standardisasi Nasional (BSN) menggandeng Tokomutu.com sebagai platform pasar digital untuk meningkatkan akses pasar sekaligus mempermudah UKM dalam mendapatkan sertifikasi SNI.

Saat pembukaan Festival Produk UKM Ber-SNI dalam peresmian platform digital tokomutu.com, Sabtu (26/3) yang akan berlangsung selama sepekan pada 26 – 30 Maret 2022, diperkenalkan produk UKM berstandar SNI dan platform pasar digital tokomutu.com yang merupakan galeri elektronik bagi produk ber-SNI.

Tokomutu hadir untuk membuktikan bahwa sertifikasi SNI dapat meningkatkan akses pasar produk UKM dan bahwa sertifikasi SNI mudah dan bermanfaat bagi UKM.

Baca juga: BSN dan Pemprov Sumsel Luncurkan Bulan Mutu Nasional 2022

“Festival ini menghadirkan produk-produk berkualitas berstandar SNI maupun internasional dari 35 UKM dari Aceh, Pekanbaru, Padang, Palembang, Bandung, Jakarta, Surabaya, Bogor, Bali, Makassar sampai Tidore," ujar Kepala BSN, Kukuh S.Achmad dalam keterangan pers, Minggu (27/3). 

"Jenis produknya beragam mulai dari makanan seperti, bakso ikan, pempek, rendang, kopi, serbuk jahe, air minum dalam kemasan, mainan anak, sepeda, modul sepeda listrik, kain tenun dan produk kerajinan, sebagai representatif dari 560 UKM ber-SNI yang telah tergabung pada tokomutu.com pada saat ini,”kata Kukuh. 

“Melalui festival ini diharapkan dapat menjawab sentilan Presiden Jokowi terhadap sulit dan mahalnya sertifikasi SNI bagi UKM, meningkatkan kesadaran dan kemudahan masyarakat untuk memilih produk dalam yang ber-SNI," jelasnya.

"Dengan adanya tokomutu.com sebagai platform atau galeri elektronik, maka UKM semakin mudah melakukan jual dan beli produk ber-SNI,” jelas Kukuh.

Sementara itu, Direktur Utama PTToko Mutu Indonesia, Pramudita Widhi Wasistha atau biasa disapa Didit, menyampaikan bahwa tokomutu.com dapat digunakan UKM yang menghasilkan produk ber-SNI sebagai sarana promosi dan pemasaran produk tanpa dipungut biaya (gratis).

Tujuan tokomutu.com benar-benar untuk meningkatkan akses pasar produk UKM ber-SNI, baik nasional maupun internasional.

Lebih dari itu, lanjut Didit, ke depan tokomutu.com diharapkan dapat terkoneksi dengan program pemerintah seperti Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bela Pengadaan LKPP serta ekosistem digital lainnya, baik nasional maupun internasional dengan memanfaatkan Indonesian Trade Promotion Center(ITPC) dan Kedutaan Besar RI di luar negeri.

“Acara festival ini akan diselenggarakan secara rutin dan akan diintegrasikan dengan promo di tokomutu.com sehingga bisa menarik minat masyarakat untuk membeli produk berkualitas berstandar SNI,” tambah Didit.

Festival diisi dengan beragam acara seperti kupas produk UKM ber-SNI, soft selling atau lelang produk ber-SNI, kiat pengelolaan keuangan bagi UKM dan lain sebagainya.

Acara yang didukung oleh segenap komponen standar dan penilaian kesesuaian ini PT Anindya Wiraputra Konsult, PT Vertek Global Indonesia, PT Sinko Prima Alloy, PT Kaliman, PT Pegadaian (Persero), PT Oneject Indonesia, PT Qualis Indonesia, Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC), PT Pupuk Kujang, PT Garuda Sertifikasi Indonesia, PT Polytama Propindo, PT Tirta Investama, PT Genecraft Labs, PT Surveyor Omic Solusi Indonesia.

Selain itu, didukung pula PT Unilab Perdana, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang,  PT PLN (Persero) Pusat Sertifikasi, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kaltim, PT Mutu Agung Lestari, PT Carsurin Indonesia, PT Tribhakti Inspektama, PT IAPMO Group Indonesia, PT Citrabuana Indoloka, PT TUV Nord Indonesia, PT Garudafood Putra Putri Jaya, Tbk., PT Shima Prima Utama, PT Kian Santang, PT Biro Klasifikasi Indonesia, PT Elokarsa Utama, PT Almega Sejahtera dan PT Astra Agro Lestari, Tbk. akan menghadirkan hiburan dari artis ternama Denny Caknan, OM (Orkes Moral)PMR, Manshur Angklung, Rio Clappy and Friends, dan Momsay Band. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT