22 March 2022, 13:04 WIB

Konferensi Biodiesel Sawit ke-3 Digelar di Yogyakarta


mediaindonesia.com |

ASOSIASI Produsen Biofuel Indonesia (APROBI) bekerja sama dengan Dewan Negara-negara Produsen Minyak Kelapa Sawit (CPOPC) akan menyelenggarakan Konferensi Biodiesel Sawit ke-3 di Yogyakarta.

Kegiatan ini didukung oleh Asosiasi Biodiesel Malaysia, Asosiasi Produsen Biodiesel Thailand dan Organisasi Perkembangan untuk Indonesia-Malaysia-Thailand pada 24 Maret 2022 di Hotel Sheraton Mustika, Yogyakarta.

Konferensi Biodiesel Sawit ke-3 ini akan berjalan secara paralel dengan Pertemuan Pertama Kelompok Kerja Transisi Energi G20 sebagai bagian dari kegiatan Road to G20 dalam kapasitas Indonesia sebagai Presiden G20.

Pengembangan industri biodiesel berbasis kelapa sawit menjadikan momentum ini sebagai peluang penting untuk mempromosikan kerja sama dan kesempatan berinvestasi serta menghadapi tantangan dalam mengembangkan energi berkelanjutan yang ramah lingkungan, netral karbon dan terbaharukan.

Biodiesel berbahan sawit merupakan bagian dari transisi energi yang turut berkontribusi terhadap dekarbonisasi sektor transportasi.

Baca juga: SPKS: Atasi Minyak Goreng, Pemerintah Perlu Turunkan B30 Jadi B20

Kunci untuk masa depan sektor biodiesel dan biofuel terletak di pemahaman yang lebih baik untuk sektor ini, dukungan dan aksi kolaboratif oleh negara-negara produsen minyak sawit, asosiasi dan pemangku kepentingan lainnya.

Konferensi ini akan dibuka Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto, dan Menteri Industri Perkebunan dan Komoditas, Malaysia, Zuraida Kamaruddin.

Acara ini juga akan menampilkan pakar industri terkemuka seperti Wakil Ketua Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia Paulus Tjakrawan, Presiden Asosiasi Biodiesel Malaysia U.R. Unnithan, Ketua Asosiasi Produsen Biodiesel Thailand Sanin Triyanond, Direktur Eksekutif CPOPC Tan Sri Datuk Yusof Basiron, Kepala dari Asia Tenggara LMC Internasional Dr. Julian McGillPresiden IP Specialties Asia PTE LTD Norman Ellard, dan Ketua Asosiasi Produsen Oleo-kimia Indonesia (Apolin) Rapolo Hutabarat, ).

Program acara pada Konferensi Biodiesel Sawit ke-3 akan dibagi menjadi tiga program utama yaitu Kebijakan dan Status Mandat Biodiesel, Peluang dan Tantangan dalam Pencampuran Biodiesel yang Lebih Tinggi dan Kerjasama Global, dan Pengembangan Produk Hilir.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi panel mengenai “kerja sama masa depan dalam industri biodiesel”.

Acara ini juga akan menampilkan pameran virtual atau virtual exhibition yang melibatkan pelaku usaha dan pemangku kepentingan produk hilir kelapa sawit yang akan menawarkan produk dan inovasi terbaru mereka, juga kesempatan berinvestasi dan kerjasama.

Sesi konferensi pers (hybrid) akan diadakan pada akhir acara dimana pernyataan bersama (co-chairs’ statement) kedua penyelenggara konferensi akan dibagikan ke publik. Untuk mendapatkan link ke konpres daring, silahkan Rekan-rekan Jurnalis menghubungi narahubung di bawah ini. (RO/OL-09)
 

BERITA TERKAIT