12 March 2022, 13:34 WIB

Pandemi, Peluang Bisnis Maklon Sepatu Turut Diminati


Mediaindonesia.com |

Di masa awal pandemi, banyak orang kehilangan mata pencaharian dan berlomba-lomba untuk berpenghasilan walau hanya di rumah saja. Banyak yang kemudian mencari peluang bisnis secara online dengan terjun ke bisnis onlineshop.

Salah satu bisnis online yang tetap digandrungi adalah yang berhubungan dengan fesyen termasuk pakaian, tas, sepatu, dan aksesoris.

Sepatumamaky menjadi salah satu bisnis di sektor alas kaki yang menggaungkan konsep "Everyone Can Create A Brand". Layanan utama yang disediakan adalah menyediakan paket usaha yang bisa custom merek sendiri. Paket usaha yang disediakan sudah dikonsepkan bagi pemula yang terjun ke dunia alas kaki.

Banyak pebisnis pemula yang ingin terjun ke bisnis alas kaki akan tetapi bingung karena tidak memiliki tenaga ahli untuk memproduksi sepatu. Selain itu mereka masih minim pemahaman bagaimana memilih model dan membaca selera pasar. Mengandalkan "feeling" atau hanya meraba-raba saja dalam memahami selera pasar  akan menyita banyak waktu. Di sini semua paket usaha memang disediakan dengan model-model kekinian dan bahan-bahan kulit sintetis yang berkualitas.

Bisnis ini dirintis oleh Dwi Awal Putra dan Isterinya Andi Rezky Restu Rakasi sejak 2014. "Awalnya kami berjualan ecer dengan membuka onlineshop, sampai memiliki puluhan karyawan. Setelah itu kami membuat brand sendiri dan menjualnya dengan sistem ecer dan reseller. Seiring berjalannya waktu, banyak yang berminat untuk memproduksi dengan brand sendiri, namun tidak paham mengenai seluk beluk produksi sepatu."

"Yang namanya pebisnis harus pandai menangkap peluang. Jadilah kami fokus pada produksi maklun sepatu. Alhamdulillah dari 3-4 orang perajin saat berjualan ecer, kini sudah ratusan perajin yang bisa diberdayakan. Setiap hari kami menerima puluhan transaksi maklun alas kaki dari berbagai kota di Indonesia. Setiap bulan sudah bisa memproduksi puluhan ribu hingga ratusan ribu pasang."

Senang rasanya bisa membantu banyak orang untuk bisa mendapatkan pekerjaan di saat pandemi. Ditambah lagi banyak pengusaha pemula yang ingin merintis bisnis alas kaki dengan merek sendiri tapi terkendala di modal yang besar. Oleh karena itu di sepatu mamaky pilihan paket usaha sangat terjangkau untuk pemula. Varian modelnya juga melimpah, dan customer bisa memilih jenis kualitas bahan baku sesuai segmentasi pasar yang mereka tuju . Selain itu jmada layanan custom model bagi yang punya desain sendiri."

Harapan ke depannya semoga masyarakat semakin mencintai produk lokal dalam negeri. Karena produk import ikut menggempur pasar lokal, maka salah satu cara para pengusaha yang baru merintis bisnisnya bisa memulai dengan membangun mereknya sendiri. (OL-12)

BERITA TERKAIT