08 March 2022, 22:43 WIB

Harga Batu Bara Meroket, BSML Jalin Kerja Sama dengan Anak Perusahaan PLN Jamin Pasokan DMO 


Mediaindonesia.com |

PT Bintang Samudera Mandiri Lines (BSML) menjalin kerja sama dengan anak perusahaan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yaitu PT Pelayaran Bahtera Adhiguna untuk operasi pengangkutan kebutuhan batubara bagi kebutuhan dalam negeri. 

Kerja sama di pasar PLN ini untuk melayani angkutan transportasi batubara ke PLTU-PLTU PLN guna pemenuhan Domestik Market Obligation (DMO) ditengah meroketnya harga batu bara. 

Hampir satu tahun lebih harga batu bara dunia melonjak 4 kali lipat. Kenaikan harga batu bara kini semakin meroket ditengah konflik Rusia-Ukraina. Pada Februari 2022, harga batu bara sudah naik sebesar 38,22%, dan lonjakan terjadi lagi pada awal Maret hingga mencapai US$446 per metrik ton. Seperti diketahui, Rusia merupakan pemasok batu bara terbesar untuk negara-negara di Eropa. 

Ditengah gejolak kenaikan harga bat ubara, PT BSML sudah mengoperasikan lima trip pengapalan batu bara pada bulan Februari untuk kepentingan DMO. Menurut Direktur Commercial dan Operation BSML Yandi Tjendana, pihaknya akan meningkatkan volume pasokan perbulannya. 

Baca juga : Israel Jamin Maskapai yang Terbang ke Rusia meskipun Ada Sanksi

“Bulan Februari 2022 ini total volume angkutan berkisar 75.000 MT yang sudah diangkut ke PLTU-PLTU dan targetnya volume akan ditingkatkan hingga mencapai 90.000 MT per bulan,” jelasnya dalam keterangan tertulis. 

Selain beroperasi dalam bisnis jasa angkut moda laut, PT BSML juga mulai mengembangkan lini usaha dengan memberikan layanan jasa ship management. Layanan ini memberikan pelayanan untuk perusahaan kapal lain secara professional. PT BSML menyiapkan tim dan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan dalam pengoperasian pemilik kapal dan memastikan bahwa kapal dioperasikan dengan cara yang aman dan efisien. 

“Kami menjaga sistem manajemen pengoperasian kapal sedemikian rupa dalam bentuk konsultasi, operator kapal yang memantau kinerja kapal, memberikan masukan untuk penyewaan kapal, perencanaan logistik, mengatur keagenan kapal, pemantauan dan suplai bahan bakar dan serta pengaturan rute dan monitoring kapal agar terinformasi lebih baik dan operasional kapal yang lebih efisien serta kinerja keselamatan kapal sehingga pemilik kapal menyadari manfaat ship management tersebut baik secara tekhnis maupun secara finansial," tutup Yandi. 

Sebagai perusahaan jasa angkut moda laut yang terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, PT BSML terus berupaya memperkuat layanan dengan prima dan terpercaya. Mengingat bisnis dalam dunia pelayaran mengharuskan setiap pelaku usaha untuk mengutamakan keselamatan, efisiensi sesuai dengan ISM CODE dan aturan-aturan yang sesuai guna kerjasama yang menguntungkan jangka panjang. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT