27 February 2022, 14:15 WIB

Program Green House Minaqu Akan Dilaporkan ke Presiden


Media Indonesia | Ekonomi

KEBERADAAN green house tanaman hias mitra tani Bojongkerta di Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan, Jawa Barat akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.untuk diaplikasikan di seluruh Indonesia.

"Saya akan menyampaikan program ini ke Presiden Republik Indonesia untuk membuat skema serupa yang dapat diaplikasikan di seluruh wilayah Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh Minaqu ini, minimal dua green house di seluruh kota dan kabupaten yang ada di Indonesia," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ketika kemarin berkunjung ke Green House Tanaman Hias Bojongkerta, yang dikelola Minaqu Indonesia di Bogor Selatan. 

Menteri Syahrul tak menutupi kegembiraan melihat proses yang dilakukan di green house tersebut. Menurutnya hal tersebut bagus sekali karena para petani dibekali pengetahuan tentang tanaman hias, bagaimana cara merawat dan memperbanyak tanaman, lalu hasilnya dibeli Minaqu dan diekspor.

"Ini sebagai salah satu cara untuk mencari solusi terkait dengan permasalahan ekonomi, apalagi di tengah kondisi covid," ujar Menteri Syahrul saat berdialog dengan warga. 

Kehadiran Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim dan Bank BJB Cabang Bogor membuktikan bahwa program ini digarap dengan serius. Terlebih Minaqu Indonesia berencana mengembangkan program ini secara nasional.

CEO Minaqu Indonesia Ade Wardhana Adinata menuturkan, program ini mencegah urbanisasi lantaran para para ibu bisa beraktivitas di sekitar rumah dan suami bisa bekerja di luar. Anak-anak pun bisa dijaga dan pendidikan mereka berjalan dengan baik. Green house berukuran 1.000 meter ini dimiliki 50 kepala keluarga warga Bojongkerta. 

"Alhamdulillah pak camat dan pak lurah sangat proaktif dalam membina warga di sini. Kami juga tidak merasa kesulitan dalam menjalankan proses karena kegotongroyongan warga juga tinggi. Jadi tak heran kalau Bojongkerta meraih peringkat dua Program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Kategori Kota Tahun 2021 tingkat Provinsi Jawa Barat," tutur Ade. (RO/O-2)

BERITA TERKAIT