23 February 2022, 18:00 WIB

Rayakan HUT ke-10, Traveloka Komit Bawa Nama Indonesia ke Belahan Dunia lain


Mediaindonesia.com |

INOVASI menjadi kunci utama bagi sebuah perusahaan teknologi untuk dapat terus berkembang, beradaptasi, dan menyediakan solusi yang relevan dalam menjawab kebutuhan dan aspirasi konsumen. Hal itu dikatakan Co-Founder Traveloka, Albert.

"Selama satu dekade ini, kami telah melahirkan beragam produk dan layanan, menghadirkan kemudahan bagi lebih dari 40 juta konsumen kami, menggandeng lebih banyak mitra yang kini jumlahnya telah mencapai jutaan, serta berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk bersama-sama memberikan kontribusi terhadap industri pariwisata dan perekonomian,” imbuhnya.

Baca juga: BEI Optimistis Lebih Banyak Unicorn Akan Tercatat di Bursa

Hadir sejak 29 Februari 2012 siap, lifestyle superapp di Asia Tenggara itu telah melahirkan berbagai inovasi berbasis teknologi untuk dapat memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup konsumen yang terus berkembang. Berangkat dari metasearch engine untuk pembanding harga tiket pesawat, kini Traveloka telah  bertransformasi menjadi lifestyle superapp dengan lebih dari 20 produk dan layanan dibawah tiga pilar utama: Perjalanan (Travel), Local Services, dan Layanan Keuangan (Financial Services).

Mereka pun berkomitmen untuk konsisten bertumbuh dan membawa nama Indonesia ke belahan dunia lainnya. Traveloka menjadi unicorn Indonesia pertama yang mengembangkan bisnis di luar negara asalnya, Indonesia. Sejak 2015, Traveloka mengepakkan sayapnya dan menjejakkan kaki di negara-negara lainnya di wilayah Asia Tenggara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Salah satu manifestasi dari komitmen Traveloka untuk terus berinovasi tergambar dari milestone Traveloka saat meluncurkan layanan Traveloka PayLater pada 2018. Traveloka menjadi pionir yang memperkenalkan konsep yang dikenal sebagai Buy Now Pay Later (BNPL) ini di Indonesia, dengan tujuan utama untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan akses layanan finansial sehingga membantu mereka untuk dapat mengatur cashflow dengan lebih baik. Masih dalam ranah layanan keuangan, Traveloka merupakan yang pertama memperkenalkan terobosan PayLater Virtual Number di Asia Tenggara, yaitu metode pembayaran dengan cicilan yang menggunakan nomor virtual.

Saat pandemi menghantam pariwisata, Traveloka berinovasi dan menyesuaikan layanannya. Rangkaian inisiatif juga dilakukan untuk membantu penanganan pandemi di tanah air, seperti membentuk Sentra Vaksinasi covid-19 di berbagai kota besar, Tes covid-19, hingga fitur Traveloka Clean Partners. Untuk membantu mitra yang terdampak pandemi, lifestyle superapp ini juga menggelar program ikonik EPIC Sale yang sukses meningkatkan transaksi 81.000+ mitranya hingga lebih dari 150% di tengah pendapatan yang minim bahkan hampir tidak ada.

Dalam perjalanannya di satu tahun terakhir, Traveloka terus memperkuat posisinya sebagai lifestyle superapp dengan melengkapi portofolio produk dan layanannya guna menghadirkan solusi yang menyeluruh.

Memasuki tahun ke-10, Traveloka ingin mengapresiasi konsumennya dengan menggelar program promosi bertajuk Salebrat10n dan kampanye Trave10ka Bday Bash. Melalui gelaran Salebrat10n yang didukung oleh Traveloka Clean Partners, pengguna dapat menikmati diskon hingga 70% untuk semua kategori produk dan layanan yang tersedia di aplikasi Traveloka mulai dari 24 Februari - 2 Maret.

Adapun fitur Traveloka Explore merupakan inovasi teranyar Traveloka yang memungkinkan konsumen untuk mengunggah foto dan video singkat mengenai pengalaman perjalanan dan gaya hidup mereka yang bisa dibagikan ke teman dan publik lewat aplikasi Traveloka.

“Pencapaian Traveloka selama 10 tahun ini dapat terwujud berkat dukungan dan kepercayaan yang diberikan konsumen, para mitra, pemerintah, serta pemangku kepentingan terkait lainnya. Perjalanan kami tak berhenti sampai di sini, kami akan terus melanjutkan komitmen kami untuk berkontribusi positif pada bangsa dan para mitra kami,” tutup Albert. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT