19 February 2022, 15:30 WIB

Gubernur Bank Sentral Australia Nilai Inflasi di Asia Masih Terkendali


Despian Nurhidayat |

GUBERNUR Bank Sentral Australia Philip Lowe menyatakan bahwa peningkatan suku bunga di berbagai negara tidak sama. Kondisi itu disebabkan dinamika inflasi yang berbeda-beda antara satu negara dengan negara lainnya.

Menurutnya, beberapa negara telah menaikkan tingkat suku bunga acuan lantaran inflasi yang cukup tinggi. Namun, tingkat inflasi di kawasan Asia dikatannya belum terlalu tinggi dan masih terkendali.

Baca juga: Kemitraan Indonesia-OECD Bantu prioritas Presidensi G20

"Beberapa negara memiliki inflasi yang cukup tinggi saat ini, namun di Asia (inflasi) tidak terlalu tinggi," ungkap Lowe dalam Agenda Presidensi G20 Indonesia secara virtual, Sabtu (19/2).

Bahkan, lanjut Philip, di Australia sendiri tingkat inflasi hanya menembus kisaran titik tengah, dan hal ini terjadi untuk pertama kalinya dalam 7 tahun terakhir.

Melihat kondisi tersebut, Philip meyakini bahwa kenaikan suku bunga dalam menghadapi tekanan inflasi tidak akan begitu signifikan.

Baca juga: Kerja Sama Global Dibutuhkan untuk Pulih Bersama

"Jadi, saya pikir sangat mungkin mereka akan menaikkan suku bunga sampai 0,7% dalam beberapa tahun ke depan," tutur Philip.

Berdasarkan data terakhir, suku bunga acuan di beberapa negara Asia tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Misalnya Korea Selatan, tingkat suku bunga acuan sebesar 1,25%, Malaysia 1,75%, Filipina 2%, Tiongkok 3,7% dan Indonesia 3,5%.(OL-11)

BERITA TERKAIT