12 February 2022, 13:33 WIB

KSP: Pengembangan Mandalika tidak Berhenti pada Gelaran MotoGP


Indriyani Astuti |

DEPUTI I Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Febry Calvin mengatakan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), tidak berhenti pada ajang kejuaraan sepeda motor balap kelas utama/MotoGP atau Grand Prix of Indonesia. Ia mengatakan akan ada agenda nasional maupun internasional yang digelar di sana. Sehingga, KEK Mandalika diharapkan bisa menjadi sentra pertumbuhan ekonomi baru.

"MotoGP ini hanya permulaan saja. Nantinya akan ada banyak lagi acara berskala nasional dan internasional. Karena itu butuh dukungan seluruh elemen masyarakat agar bisa melahirkan efek ganda yang bersifat jangka panjang," kata Febry pada tim media KSP, Sabtu (12/2).

Menurut Febry, agar bisa memberikan efek berganda dari pengembangan Mandalika, pemerintah melakukannya dengan pemberdayaan masyarakat lokal.

"Sejak awal pengembangan Mandalika dirancang secara holistik. Pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat lokal harus dilakukan secara beriringan," tuturnya.

Baca juga: Bahlil Janjikan Insentif Pajak di KEK Mandalika

Selain itu, imbuhnya, ada banyak sektor pendukung kegiatan pariwisata yang akan merasakan dampak ganda dari pengembangan KEK Mandalika antara lain konstruksi, penyedia akomodasi, makan dan minum, transportasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Kegiatan-kegiatan ini tentunya akan melibatkan masyarakat lokal," ucapnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT