03 February 2022, 20:21 WIB

Pendaftaran Peserta Program Kartu Prakerjan Hanya di Situs Resmi 


M. Ilham Ramadhan Avisena |

DIREKTUR Operasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Hengki Sihombing menuturkan, pendaftaran gelombang 23 program Kartu Prakerja hanya dapat dilakukan di situs www.prakerja.go.id. 

"Silakan sobat Prakerja membuat akun, sembari menunggu pengumuman pembukaan Gelombang 23," kata Hengki melalui keterangannya, Kamis (3/2). 

Dengan membuat akun sebelum pembukaan gelombang, para calon peserta Kartu Prakerja akan memiliki kemudahan dalam proses pendaftaran selanjutnya, dan dapat menikmati berbagai fitur di dashboard pribadi Kartu Prakerja mereka. 

"Pada saatnya nanti Gelombang 23 dibuka, Sobat Prakerja yang telah memiliki akun tinggal klik ‘Gabung Gelombang’ untuk mengikuti seleksi, tanpa harus lagi mengisi kelengkapan administrasi serta rangkaian tes awal," terang Hengki. 

Untuk informasi mengenai pembukaan gelombang, lanjutnya, masyarakat dapat mengikuti info terbaru di akun instagram resmi Kartu Prakerja yakni @prakerja.go.id. Selain itu, dengan memiliki akun dan masuk ke dashboard prakerja.go.id, masyarakat juga bisa memanfaatkan berbagai fitur seperti rekomendasi pekerjaan dan pencarian lowongan pekerjaan. 

Baca juga : Pemblokiran Situs Trading Ilegal Dinilai tak Timbulkan Efek Jera 

"Fitur itu bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang sudah memiliki akun Prakerja, baik yang sudah menjadi penerima program maupun yang berstatus sebagai calon penerima," jelas Hengki. 

Kepala Divisi Hukum Kartu Prakerja Gabriel Mukuan turut mengingatkan masyarakat agar berhati-hati terhadap situs palsu maupun tautan apapun yang mengatasnamakan Program Kartu Prakerja. 

Pasalnya, beberapa saat terakhir, muncul tautan dan form ‘liar’ pendaftaran program Kartu Prakerja yang muncul di berbagai percakapan telepon maupun berbagai media, misalnya yang mengatasnamakan UKM Sinergi dan Solusi Edukasi. 

"Tidak ada kanal lain. Jika situs atau tautan selain www.prakerja.go.id diisi, data pribadi Sobat bisa dicuri dan disalahgunakan," pungkas Gabriel. (OL-7)

BERITA TERKAIT