01 February 2022, 19:30 WIB

Pengangguran Zona Euro Capai Titik Terendah dalam Sejarah


Mediaindonesia.com |

TINGKAT pengangguran zona euro turun ke level terendah dalam sejarah pada Desember. Ini karena perekrutan di Eropa mendorong pemulihan yang solid dan mengabaikan penyebaran eksplosif varian omikron.

Tingkat pengangguran yang disesuaikan secara musiman mencapai 7% bulan lalu. Ini level terendah sejak badan statistik resmi Eurostat memulai rekornya pada April 1998.

Di Uni Eropa yang beranggotakan 27 negara, mencakup negara-negara seperti Polandia yang tidak tergabung dalam blok mata uang tunggal, pengangguran turun menjadi 6,4% pada Desember. Ini juga terendah sejak pencatatan dimulai.

"Zona euro berakhir 2021--tahun setelah resesi terburuk sejak perang dunia kedua--dengan tingkat pengangguran terendah yang pernah ada. Ini kesaksian atas keberhasilan respons kolektif kita terhadap krisis ini," kata Paolo Gentiloni, Komisaris Urusan Ekonomi Uni Eropa, Selasa (1/2).

Sebelum Desember, tingkat pengangguran terendah untuk 19 negara yang berbagi mata uang tunggal dan UE-27 pada Maret 2020. Masing-masing sebesar 7,2% dan 6,5%.

Baca juga: Desember, Gaji Naik Pengeluaran Turun Inflasi AS Melambat

Eurostat mengatakan bahwa sekitar 13,6 juta orang menganggur di UE pada Desember, termasuk 11,5 juta di zona euro. Pejabat UE mengaitkan perubahan radikal dalam pendekatan yang menyetujui dorongan pengeluaran yang belum pernah terjadi sebelumnya pada saat krisis terburuk, alih-alih jalur penghematan yang dipilih pada 2010-2015. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT