21 January 2022, 08:56 WIB

CSAP Ekspansi, Buka Mitra10 di Pekan Baru


Mediaindonesia.com | Ekonomi

PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) membuka tahun 2022 dengan ekspansi Mitra10 ke-43 ¬yang berlokasi di Riau, Pekanbaru. 

Idrus Widjajakusuma, Corporate Secretary PT Catur Sentosa Adiprana Tbk menyatakan, CSAP selaku induk perusahaan dari Mitra10 optimis pertumbuhan ekonomi khususnya properti kian membaik di 2022. 

Tahun ini Perseroan berencana membuka 3-4 Mitra10 baru dan hari ini meresmikan Mitra10 ke-43 di Pekanbaru, Riau dan siap melayani pembeli di daerah Pekanbaru, Riau dan sekitarnya.  

Pemilihan Kota Pekanbaru tidak lepas dari potensi kota tersebut.  Sebagai ibukota provinsi Riau dan kota keempat dengan jumlah penduduk terbanyak di Pulau Sumatera setelah Medan, Palembang dan Bandar Lampung. 

Hal tersebut sesuai dengan target pasar Mitra10 yang menyasar pemilik properti sebagai target market utama, baik itu residensial (rumah tapak & vertikal), maupun komersial (café, restoran, ruko & rukan).

Erick Koswara, General Manager Marketing Communication Mitra10 menjelaskan pembukaan toko Mitra10 di berbagai kota di Indonesia merupakan komitmen berkelanjutan PT Catur Mitra Sejati Sentosa untuk hadir lebih dekat, dan sekaligus menjadi mitra masyarakat dalam membangun rumah. 

"Dengan dibukanya Mitra10 di Pekanbaru, saat ini kami telah memiliki 43 toko di 25 kota di Indonesia. Harapannya, Mitra10 di Pekanbaru dapat menjadi destinasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berbelanja bahan bangunan dan perlengkapan rumah,” ujarnya

CSAP optimis pertumbuhan ekonomi akan semakin meningkat di 2022 dan melanjutkan rencana ekspansi agresifnya. Terlebih aktifitas masyarakat kian aktif guna mendorong laju pertumbuhan semenjak membaiknya penanganan pandemi dan semakin meratanya vaksinasi COVID-19 di Indonesia. 

Mitra10 Pekanbaru yang baru diresmikan tersebut menempati area lahan seluas 1,78 ha dengan luas bangunan 9.200 m2. Termasuk selling area seluas 9.200 m2 yang menampilkan 25.000 stock keeping unit (SKU/ item barang) yang terbagi dalam 13 kategori yang terdiri dari Cat dan variannya, lantai dan dinding, kamar mandi, dapur, pintu dan jendela, pipa/ plumbing, material bangunan, listrik, perkakas rumah (hardware), tools, hobi, perabot rumah tangga (houseware) hingga perlengkapan rumah tangga (home appliances). Selain menjual brand-brand kenamaan dari principal, Perseroan juga memiliki House Brand yakni Zehn, Tidy, Sincere, Durafloor, Fiorano dan Ryobi. 

Keputusan manajemen untuk melakukan ekspansi yang agresif merupakan strategi CSAP untuk meningkatkan pendapatan dan margin keuntungan dan sekaligus untuk menguasai pangsa pasar. Strategi ini membuahkan hasil yang positif. 

Dari hasil pantauan management secara In-House (audit tahunan sedang berjalan), capaian target Penjualan YTD 2021 diestimasi 100% atau tumbuh hampir 13% dibanding Penjualan 2020. Pencapaian penjualan 2021 tercatat sebesar Rp. 14,3 triliun (In house). Kinerja Penjualan dan Pendapatan Usaha bersumber dari Segmen Distribusi yang berkontribusi sebesar 65% dan Ritel Modern berkontribusi sebesar 35%.

Pada 2021 Laba Bersih yang Dapat Diatribusikan kepada Entitas Induk diperkirakan tumbuh kurang lebih 105% atau sekitar Rp 186 miliar, dimana pada periode 2020 tercatat sebesar Rp. 90 miliar. Marjin laba bersih tumbuh dari 0,7% menjadi 1,3% sedangkan marjin laba kotor tumbuh dari 15,6% menjadi 16% pada periode 2021. (RO/E-1)
 

BERITA TERKAIT