18 January 2022, 15:50 WIB

Data Pekerjaan Tampil Kuat di Inggris meskipun Omikron Melanda


Mediaindonesia.com |

TINGKAT pengangguran di Inggris mengalami penurunan dan jumlah pekerja yang digaji pulih lebih lanjut pada akhir tahun lalu meskipun varian Omicron mulai muncul. Data resmi menunjukkan itu pada Selasa (18/1).

Tingkat pengangguran turun menjadi 4,1% dalam tiga bulan hingga akhir November dari 4,2% pada kuartal yang berakhir Oktober. Kantor Statistik Nasional (Office for National Statistics/ONS) mengatakan hal tersebut dalam pernyataannya.

Jumlah pekerja yang digaji melonjak 0,6% pada Desember dari November. "Jumlah karyawan dalam daftar gaji terus tumbuh kuat pada Desember dengan total sekarang jauh di atas tingkat prapandemi," kata Direktur Statistik Ekonomi ONS Darren Morgan.

Baca juga: Krisis Cip Dorong Penjualan Mobil Eropa ke Titik Terendah Baru

Dia menambahkan bahwa tingkat pengangguran turun kembali hampir ke tingkat sebelum covid-19 menyerang. Namun Morgan mencatat bahwa lowongan pekerjaan tumbuh pada kecepatan yang lebih lambat dibandingkan dengan musim panas lalu. 

Begitu pun upah riil pada November turun pada tahun itu untuk pertama kali sejak pertengahan 2020 menyusul lonjakan inflasi. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT