18 January 2022, 09:18 WIB

Indonesia Jadi Tuan Rumah ASEAN Tourism Forum 2023


 Insi Nantika Jelita | Ekonomi

INDONESIA secara resmi menerima tongkat estafet dari Kamboja kepemimpinan dalam ASEAN Tourism Forum (ATF) untuk periode 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, amanat ini diserahkan dalam perhelatan ATF 2022 di Sihanouksville, Kamboja.

"Jadi kami menerima tongkat estafet keketuaan ASEANTourism Forum untuk satu tahun ke depan. Rencananya kami akan menyiapkan beberapa kegiatan berkaitan keketuaan kita di Asean Tourism Forum yang nanti puncak acaranya pada Januari 2023 di Yogyakarta," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (18/1).

Sandiaga mengatakan dengan ditunjuknya Indonesia sebagai ketua penyelenggara ATF 2023 di Yogyakarta diharapkan dapat menjadi puncak momentum pemulihan perekonomian nasional dan regional dan penciptaan lapangan kerja bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Mudah-mudahan keketuaan Indonesia di ASEAN Tourism Forum ini untuk kebangkitan ekonomi dan juga peluang-peluang ekonomi ini akan diikuti dengan terbukanya lapangan pekerjaan yang sudah dibutuhkan oleh sektor pariwisata," harapnya.

Menparekraf menjelaskan, Yogyakarta terpilih sebagai lokasi puncak acara ATF 2023 karena dinilai memiliki kapasitas dan fasilitas yang memadai.

Yogyakarta yang berlokasi relatif dekat dengan Destinasi Super Prioritas (DSP) Borobudur ini diharapkan dapat memberikan kesan yang mendalam bagi para delegasi negara-negara ASEAN yang datang berkunjung. Terutama bagi anggota delegasi asal Kamboja, Laos, Thailand, dan Vietnam yang mayoritas beragama Buddha.

"Mudah-mudahan Borobudur ini tidak hanya menjadi destinasi yang populer, namun juga penuh makna. Terutama untuk pasar-pasar seperti Kamboja, Laos, Thailand, dan Vietnam karena ada banyak umat Buddha di negara-negara tersebut," ujar Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan pada ATF 2022, ‘Wonderful Indonesia’ fokus pada 5 Destinasi Wisata Super Prioritas, antara lain Mandalika di Lombok, Danau Toba di Sumatera Utara, Likupang di Sulawesi Utara, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Borobudur di Jawa Tengah.

Forum ini menyediakan platform untuk mendorong kolaborasi antara negara-negara anggota ASEAN dan untuk mempromosikan daerah secara holistik sebagai satu tujuan, dengan beragam budaya, masakan, dan komunitas.

ATF melibatkan semua sektor industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN mencakup Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. ATF didirikan pada 1981 dan setiap tahun, penyelenggaraan ATF dirotasi di antara negara-negara anggota. (Ins/OL-09)

BERITA TERKAIT